The Illusion Museum Batam – Sejarah, Daya Tarik, Tiket & Ragam Aktivitas

The Illusion Museum Batam – Sejarah, Daya Tarik, Tiket & Ragam Aktivitas
Harga Tiket: Rp 80.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Golden city blok K no 4-5-6 batam, Tj. Buntung, Kec. Bengkong, Kota Batam, Kepulauan Riau.

Batam tidak hanya memiliki destinasi wisata pantai namun juga pilihan-pilihan lain yang tidak kalah menarik dan seru. Salah satu destinasi wisata yang tidak boleh terlewatkan apalagi bagi kalangan anak-anak muda adalah The Illusion Museum Batam. Destinasi ini memang menjadi salah satu yang cukup populer dan selalu ramai pengunjung.

Seperti namanya, museum ini menawarkan berbagai trik-trik dan ilusi sebagai spot foto. Dengan berbagai trik ini, membuat hasil jepretan tampak unik dan dapat menipu mata yang melihat. Karena keunikannya, banyak pengunjung yang datang untuk mengambil banyak gambar yang sudah tentu sangat instragramable ketika diunggah di sosial media.

Menawarkan suasana modern dan kekinian, destinasi wisata ini tidak hanya cocok untuk anak-anak muda saja namun juga cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Meskipun sudah dibuka sejak beberapa tahun silam, namun setiap ilusi yang ditawarkan masih dapat dinikmati dan sesuai dengan perkembangan zaman di mana banyak orang berburu tempat unik sebagai latar foto.

Sejarah The Illusion Museum

Sejarah The Illusion Museum
Image Credit: Gooogle Maps Ken Li Hsieh

Sama seperti konsep destinasi wisata yang ada di kota-kota besar seperti De Mata di Yogyakarta, Old City 3D Trick Art Museum di Semarang, Museum Macan di Jakarta, dan lainnya, The Illusion Museum Batam juga menyajikan wisata indoor dengan 3D art. Museum ini sendiri sudah mulai dibuka sejak tahun 2017 dan memiliki banyak peminat.

Museum yang memiliki ruangan dengan interior 3D ini mengusung tema best trick art and trick eye Batam Island. Bukan sekedar tagline, seni yang disajikan memang dapat mengecoh mata. Di dalam museum terdapat ruangan yang memiliki tema yang berbeda-beda.

Misalnya jika masuk Mirror Illusion maka pengunjung akan disuguhkan dengan cermin-cermin dengan lampu utama berwarna violet. Pemilihan warna lampu ini memiliki alasannya tersendiri.

Lampu utama berwarna violet bertujuan agar lebih artsy. Selain lampu utama, juga ada lampu-lampu kecil yang menghiasi cermin-cermin. Pemilihan lampu di ruang dengan tema yang berbeda juga memiliki tujuannya masing-masing.

Daya Tarik The Illusion Museum Batam

Daya Tarik The Illusion Museum Batam
Image Credit: Google Maps Myo Aung

The Illusion Museum memiliki beberapa koleksi art illusion yang dapat menjadi latar foto yang menyajikan sesuatu yang unik. Dengan berbagai tema yang dibawa, pengunjung di bawa dengan seni 3 dimensi yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut beberapa koleksi di museum kekinian ini.

1. Rumah Terbalik

Rumah terbalik merupakan salah satu yang sangat populer di museum ini. Ruang berbentuk studio ini memiliki luas kurang lebih 500 meter persegi. Terdapat 28 spot foto, termasuk rumah terbalik ini. ada pilihan ruang tamu, kamar, ruang keluarga, dapur, dan juga kamar mandi. Barang-barang yang digunakan juga asli, bukan menggunakan barang imitasi.

2. Giant and Dwarf

Koleksi satu ini sangat menarik karena memungkinkan pengunjung terlihat seperti raksasa atau kurcaci. Dengan menggunakan trik-trik tertentu, pengunjung dapat berpose yang menghasilkan foto yang seperti magic dan penuh ilusi. Sementara itu, beberapa ruangan di arena Giant and Dwarf juga tersedia ring bela diri, ruang menari ala Michael Jackson, sinar magic, dan lainnya.

3. Prespective Room

Prespective room menawarkan spot foto dengan bentuk yang aneh dan tampak tidak lazim. Dengan trik-trik tertentu, pengunjung dapat mengambil foto dengan pose yang tampak berbeda. Misalnya seperti tubuh terpotong dan lainnya. Prespective room ini juga merupakan tempat di mana arena Mirror Illusion berada.

Daya Tarik di The Illusion Museum Batam
Image Credit: Google Maps Lee Jeannie

4. 45 Degree Room

Ruangan ini menyediakan berbagai gambar-gambar super hero yang akan menyenangkan untuk anak-anak. Jika membawa keluarga, maka pengunjung tidak boleh melewatkan ruangan ini agar dapat berpose dengan super hero yang diidolakan.

5. Trick Art

Trick Art merupakan studio dengan puluhan seni lukis yang memberikan ilusi dan trik. Semuanya asli dan bukan sekedar wallpaper saja. Di studio ini pengunjung dapat berfoto seperti menyebrang di jembatan kayu dengan lahar di bawahnya, berfoto dengan raksasa yang seperti akan melahap orang di depannya, sayap, dan lain sebagainya.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket

Alamat The Illusion Museum
Image Credit: Gooogle Maps Balaguru Subramanian

The Illusion Museum Batam berada di Bengkong Laut, tepatnya di kompleks Golden City no 4-6. Untuk menuju ke sana sangat mudah, akses jalan juga tidak sulit untuk dilalui baik kendaraan roda dua maupun roda empat. Destinasi wisata ini sangat mudah ditemukan karena berada tidak jauh dari Golden Prawn Resto. Untuk lebih mudah, pengunjung dapat menggunakan bantuan Google Map.

Museum ini buka setiap hari. Jam operasional pada hari Senin hingga jumat mulai daro 08.00 WIB hingga 17.00 WIB sedangkan pada Sabtu dan Minggu buka dari 08.00 WIB hingga 18.00 WIB. Harga tiketnya sendiri memang cukup mahal, akan tetapi sangat sebanding dengan keseruan dari seni-seni 3 dimensi yang ditawarkan.

Harga tiket masuk pengunjung dewasa adalah Rp 80.000 per orang. Sementara untuk anak-anak hanya cukup membayar Rp 40.000 per kepala. Sedangkan jika ada anggota keluarga yang lansia juga mendapat potongan sehingga cukup membayar Rp 40.000 saja.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan Pengunjung

Kegiatan Menarik The Illusion Museum
Image Credit: Google Maps cristy wong

Ada banyak kegiatan seru yang dapat dilakukan di The Illusion Museum, tidak heran jika destinasi wisata modern ini tidak pernah sepi oleh pengunjung. Menjadi salah satu pilihan untuk menikmati masa liburan, berikut beberapa hal menarik yang dapat dilakukan jika Anda mengunjungi museum dengan koleksi-koleksi seni 3 dimensi ini.

1. Berfoto

Menyajikan berbagai seni 3 dimensi yang sangat cantik dan dapat menipu mata, maka kegiatan utama yang tidak boleh ketinggalan adalah berfoto. Pengunjung yang datang tidak akan kehabisan spot-spot instagramable dan kekinian jika ingin berburu foto untuk nantinya diunggah di sosial media. Tidak perlu terburu-buru juga karena pengunjung juga dapat menghabiskan waktu sepuasnya di museum ini.

Tidak perlu khawatir akan mati gaya, pengunjung dapat meminta tolong staff museum untuk membantu mengarahkan dan mengambil foto. Para staff ini akan dengan ramah dan senang hati memberikan pelayanan yang akan memuaskan pengunjung. Dengan bantuan para staff, maka hasil foto yang pengunjung dapatkan juga akan lebih bagus.

2. Belajar Seni

Secara tidak langsung, berkunjung ke The Illusion Museum Batam dapat meningkatkan kreativitas. Hal ini karena koleksi seni yang disajikan di dalam museum dapat menjadi lahan untuk para pengunjung belajar seni. Tidak hanya mengambil foto saja, pengunjung juga dapat belajar dan mendapatkan pengalaman baru tentang bagaimana membuat seni 3 dimensi yang dapat menipu mata.

Seni berupa lukisan di museum ini juga tidak kalah menarik untuk dipelajari. Setiap sudutnya yang memiliki keunikan yang berbeda sangat cocok untuk para pecinta seni lukis. Siapa tahu, setelah pulang dari museum ini, pengunjung yang memiliki minat di bidang seni akan mendapatkan inspirasi untuk membuat karya-karya baru yang lebih bagus.

3. Alternatif Liburan

The Illusion Museum Batam memang menjadi salah satu alternatif bagi para pengunjung yang bingung di mana harus menghabiskan waktu liburan. Mungkin saja, pengunjung merasa bosan dengan destinasi wisata seperti pantai yang tersebar di Pulau Batam. Mencari suasana baru dengan sajian yang unik, maka museum 3 dimensi inilah yang dapat dituju.

Meskipun paling banyak peminat dari museum ini adalah anak muda yang berburu foto, namun destinasi wisata ini juga cocok untuk liburan bersama keluarga. Anak-anak tentu akan sangat senang menghabiskan waktu dengan melihat-lihat berbagai seni 3 dimensi yang jarang dapat ditemukan di tempat-tempat lain.

Objek Wisata Terdekat dari The Illusion Museum

Objek Wisata Terdekat dari The Illusion Museum
Image Credit: Google Maps Mabel Mfl

Ada beberapa destinasi wisata yang tidak terlalu jauh dari The Illusion Museum Batam. Dengan begitu, pengunjung tidak perlu melakukan perjalanan yang cukup jauh di destinasi liburan berikutnya. Beberapa destinasi yang dapat dikunjungi seperti berikut.

1. Miniature House Indonesia

Miniature House Indonesia seperti halnya TMII mini. Destinasi wisata ini menawarkan koleksi bangunan-bangunan tradisional atau rumah adat yang ada di Indonesia. Selain itu, ada juga beberapa patung-patung hewan. Destinasi wisata ini mendapatkan apresiasi oleh warga Batam, apalagi untuk menikmati TMII mini ini pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk.

2. Taman Pantai Golden Prawn

Taman ini menjadi destinasi gratis yang dapat dikunjungi. Ada banyak daya tarik yang diberikan seperti berbagai permainan air, juga patung-patung dinosaurus, juga kegiatan cable ski yang peralatannya dapat di sewa dengan harga tertentu tergantung pada saat weekday atau weekend. Ada juga permainan lainnya seperti go-kart, paint ball, dan lain sebagainya.

3. Belalang Adventure

Belalang Adventure sangat cocok bagi pengunjung yang menyukai permainan memanah. Taman ini memang menyediakan alat serta target untuk memanah. Bagi para pemula, kegiatan ini juga dapat dicoba karena akan ada yang memandu memberikan arahan. Untuk mencoba permainan ini, pengunjung minimal harus berusia 7 tahun.

The Illusion Museum Batam yang menawarkan seni 3 dimensi yang kekinian dan sangat instagramable untuk berburu foto. Tidak heran jika museum ini menjadi salah satu destinasi wisata yang saat ini cukup populer di Batam. Museum unik ini juga bisa menjadi alternatif liburan dengan suasana dan sajian yang baru dan menyegarkan mata.