Taman Purbakala Pugung Raharjo – Sejarah, Daya Tarik, Tiket & Ragam Aktivitas

Taman Purbakala Pugung Raharjo – Sejarah, Daya Tarik, Tiket & Ragam Aktivitas
Harga Tiket: Rp 8.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pugung Raharjo, Desa Udik, Kec. Sekampung Hilir, Kab. Lampung Timur, Lampung.

Situs taman purbakala Pugung Raharjo menjadi salah satu tempat bersejarah di Lampung Timur. Banyak peninggalan mulai dari tahun 2500 SM, hindu budha, hingga zaman islam terlihat sangat lengkap. Di dalamnya ada berbagai artefak seperti keramik, dolmen, manik-manik, kapak batu, dan gelang perunggu. Pengelola setempat terus melakukan pemantauan agar wisata ini tetap lestari.

Bangunan yang ada banyak melambangkan tempat ini. Salah satunya benteng Pugung Raharjo yang bentuknya seperti gundukan tanah. Punden berundak piramida pun banyak ditemukan. Peninggalan tersebut diketahui berasal dari zaman hindu budha.

Tidak heran jika hampir setiap hari banyak wisatawan lokal maupun luar negeri yang berdatangan. Selain untuk berlibur juga bisa digunakan sebagai tempat belajar sejarah. Tempatnya yang bersih juga menjadi hal yang disenangi oleh kalangan masyarakat.

Sejarah Taman Purbakala Pugung Raharjo

Sejarah Taman Purbakala Pugung Raharjo
Image Credit: Google Maps wedya henkha

Taman Purbakala ini awalnya ditemukan pada tahun 1957. Dahulu nama wisata ini hutan pugung yang memiliki arti dataran tinggi. Konon kabarnya penemu taman purbakala tersebut adalah beberapa orang penebang yaitu Sawal, Sardi, Karjo, dan Barno. Penduduk itu juga menemukan arca klasik yang bergaya Budha.

Lembaga dinas purbakala melakukan penelitian secara berkala sampai akhirnya pada tahun 1973 bekerja sama dengan universitas Pennsylvania. Tujuannya yaitu agar Pugung Raharjo bisa didokumentasikan dan dilakukan pencatatan pada laporan penelitian Sumatera. Selanjutnya tahun 1984 pemerintah setempat mendirikan rumah informasi di kawasan taman purbakala.

Peninggalan tempat bersejarah ini secara kronologis sangat lengkap, karena terdapat bangunan zaman prasejarah, hindu budha, dan islam. Pada masa prasejarah bisa dilihat dari adanya punden, kolam megalitik, dan batu mayat. Sedangkan masa hindu budha dan islam cirinya terlihat dari prasasti, keramik, nisan yang bertuliskan arab, serta beberapa patung.

Daya Tarik yang Dimiliki Pugung Raharjo

Image Credit: Google Maps agel maulana

1. Memiliki Benteng

Benteng yang dibangun di dalam tempat pariwisata ini terletak di bagian barat dan timur. Menurut penelitian panjangnya yang di sebelah barat yaitu 300m dan di timur 1300m dengan ketinggian 2 sampai 3,5m. Pada bagian luarnya dilengkapi pintu gerbang sebagai jalan untuk masuk. Bentuknya melingkar dan sangat unik ketika dilihat dengan kasat mata.

Di dalam benteng akan ditemui beberapa batu altar, batu berbentuk bujur sangkar, dan menhir. Pada zaman dahulu fungsi bangunannya untuk menghindari serangan suku lain dan binatang buas.

Namun, sampai sekarang keberadaannya masih tetap dilestarikan dan terus diperbaiki oleh dinas pengelola. Benteng inilah yang menjadi salah satu perhatian pengunjung saat mengunjungi taman purbakala.

2. Terdapat Rumah Informasi

Rumah informasi taman purbakala Pugung Raharjo didirikan tahun 1979 dengan gaya arsitektur yang menyerupai rumah panggung. Tujuan dibentuknya yaitu untuk kegiatan administrasi dan menyimpan benda-benda cagar budaya. Meskipun ukurannya tidak begitu luas, namun rumah ini memiliki koleksi dengan ciri khas seperti patung tipe pollinesia, arca bodhisatwa, dan sejumlah keramik.

Wisatawan dari berbagai penjuru dunia banyak yang terlihat takjub saat mengunjunginya. Pengunjung bisa mempelajari setiap peninggalan bersejarah dengan melihat tulisan yang ada mulai dari nama dan tahun ditemukannya. Hal yang terpenting saat memasuki rumah informasi ini tidak boleh merusak benda ataupun membawa pulang.

3. Mempunyai Beraneka Macam Batu

Situs bersejarah taman purbakala mempunyai beragam batu yang bergaya hindu budha maupun islam. Pada bagian timur, pengunjung dapat melihat batu berlubang yang berwarna hitam dekat dengan mata air. Bentuknya tampak menyerupai batu kali dengan 4 lubang di permukaannya. Fungsi batunya berkaitan dengan kegiatan upacara adat yang biasanya dilakukan oleh warga setempat.

Sekelompok batu mayat mengarah ke barat dan timur dengan disusun persegi. Batu tersebut berbentuk bulat panjang dengan corak hitam abu-abu. Lalu pada bagian selatan ada batu bergores dengan lekukan dan garis-garis yang menunjukkan hasil karya manusia. Bermacam batu itulah yang jarang ditemui pelancong di tempat wisata lain.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Menuju Purbakala Pugung Raharjo
Image Credit: Google Maps remy maria

Situs taman purbakala Pugung Raharjo terletak di Sekampung Udik, Kecamatan Sekampung Hilir, Kabupaten Lampung Timur. Tempatnya bisa dibilang lumayan jauh dari pusat ibu kota. Tetapi hal itu tidak menyurutkan niat wisatawan untuk berkunjung kesana untuk melihat peninggalan bersejarah. Para pelancong dapat mengendarai mobil ataupun sepeda motor saat memasuki kawasannya.

Jalur pertama yang bisa dilewati adalah jalan Tirtayasa dilanjutkan dengan jalan Sutami. Kemudian lurus untuk menuju jalan Sribawono sampai menemukan daerah pugung harjo. Rute menuju perjalanan ini bisa dikatakan cukup menguras energi karena aspalnya yang rusak. Maka dari itu para traveller disarankan tidak melewatinya saat musim hujan.

Kemudian jalur ke 2 yang bisa dilalui yaitu kawasan kota metro. Aspalnya sangat baik karena sudah dibenahi, namun perjalanan untuk sampai ke taman purbakala lebih jauh daripada jalur pertama. Pengunjung yang baru pertama kali datang bisa melihat google maps atau bertanya ke penduduk sekitar agar tidak tersasar. Selain itu dapat menyewa travel agar bisa langsung sampai ke wisata.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Tiket Masuk Pungung Raharjo
Image Credit: Twitter ta

Sebelum memasuki kawasan taman Pugung Raharjo wisatawan akan dikenai karcis Rp 8.000. Harga tersebut berlaku untuk anak-anak dan orang dewasa saat hari biasa maupun hari libur. Namun bila Anda ingin memastikannya, bisa konfirmasi dahulu kepada petugas sebelum mendatanginya.

Pada area pintu luar juga ada karcis untuk sepeda motor Rp 5.000 dan mobil Rp 10.000. Dengan harga yang ramah dikantong tersebut Anda bisa menikmatinya mulai pagi sampai sore. Destinasi ini banyak dijadikan sebagai tempat berlibur keluarga. Apalagi saat hari libur, dari depan akan tampak banyak kendaraan berjejer memadati kawasan wisata.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan Pengunjung

Aktivitas Menarik di Pugung Raharjo
Image Credit: Google Maps agel maulana

1. Berfoto

Kamera menjadi salah satu benda penting yang wajib dibawa saat liburan. Banyaknya bangunan unik yang ada di dalam taman purbakala Pugung Raharjo banyak dijadikan spot foto. Traveller dapat menggunakan background tanaman hijau ataupun artefak lainnya. Banyak pula yang memotret benda-benda yang ada di rumah informasi untuk dipelajari sejarahnya.

2. Bersantai

Wisatawan yang berlibur ke pariwisata ini dapat sekedar melepas penat dengan duduk di atas rumput hijau. Pada siang hari udara akan terasa sejuk dan tidak terasa panas menyengat. Anda dapat membawa tikar sebagai alas duduk bersama kerabat untuk menikmati pemandangan di sekitar. Terdapat pohon kelapa yang berjejer menambah keasrian wisata.

3. Berkeliling

Para pelancong bisa jalan kaki berkeliling lokasi dengan kerabat untuk menikmati taman purbakala yang luas. Saat hari libur akan terlihat banyak yang berkeliling untuk melihat berbagai bangunan bersejarah. Kegiatan ini sangat cocok dilakukan dengan bercengkrama bersama keluarga. Anda juga bisa mengajak petugas agar bisa mendapat informasi lengkap tentang peninggalan yang ada.

Aktivitas Menarik di Pugung Raharjo 2
Image Credit: Facebook Lampung Eksis

4. Belajar Sejarah

Selain sebagai tempat pariwisata, taman purbakala Pugung Raharjo dapat digunakan sebagai tempat edukasi. Banyak peninggalan sejarah yang menyimpan sejarah unik untuk dipelajari. Anda dapat menambah ilmu pengetahuan dengan melihat informasi asal mula penemuan benda-benda unik yang ada di kawasan wisata.

5. Melihat Pemandangan Alam

Selain berbagai bangunan artefak, destinasi Pugung Raharjo menawarkan berbagai pemandangan alam. Saat memasuki wisatanya pengunjung akan disuguhi dengan rumput dan pohon hijau yang menyejukkan mata. Hawa sekitarnya juga terasa segar dan cocok digunakan untuk melepas penat. Berbagai bunga juga terlihat menambah keasrian sekitar.

Objek Wisata Terdekat dari Taman Purbakala Pugung Raharjo

Objek Wisata Terdekat dari Taman Purbakala Pugung Raharjo
Image Credit: Twitter Ariefdwic

1. Taman Sukadana

Taman ini letaknya tidak jauh dengan Pugung Raharjo karena bisa ditempuh sekitar 1 jam saja. Wisatanya dikelola oleh pengurus islamic center karena lokasinya yang masih satu komplek dengan masjid islamic. Di dalam kawasannya Anda bisa bersantai sambil melihat bunga yang berwarna-warni. Pengunjung bisa mengunjunginya mulai pagi hingga malam.

2. Danau Way Jepara

Saat wisatawan mengunjungi taman purbakala ini, Anda bisa pula mendatangi Danau Way Jepara. Letaknya tidak jauh, hanya berjarak 41 km saja. Pesona destinasi ini sangat menakjubkan dengan airnya yang berwarna hijau. Pengunjung dapat merasakan angin semilir dengan pemandangan pohon hijau yang terawat.

3. Sumur Tujuh

Sumur tujuh memiliki 7 titik lokasi yang bisa didatangi. Pada saat musim kemarau pun airnya tidak pernah kering. Cobalah untuk mencuci tangan di kolam ini untuk merasakan kesegaran airnya. Hal yang terpenting jangan mengotori airnya saat di kawasannya.

4. Kolam Megalitikum

Kolam ini masih dalam wilayah taman purbakala dengan air yang berwarna hijau. Kabarnya dahulu kolam ini dijadikan sumber mata air penduduk sekitar. Namun sampai sekarang pun keberadaannya masih dilestarikan oleh pemerintah dan warga setempat. Selain itu airnya juga diyakini memiliki cerita mistis.

Itulah ulasan lengkap mengenai taman purbakala Pugung Raharjo salah satu tempat bersejarah yang wajib dikunjungi. Hal yang terpenting jangan merusak dan tetap menjaga kebersihan kawasan sekitar. Jangan lupa untuk mengajak keluarga agar liburan Anda semakin menyenangkan.