Rumah Daswati Lampung – Sejarah, Daya Tarik, Tiket & Ragam Aktivitas

Rumah Daswati Lampung – Sejarah, Daya Tarik, Tiket & Ragam Aktivitas
Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Mr. Gele Harun No.30 A, Kec. Engal, Kota Bandar Lampung, Lampung.

Pergi berwisata merupakan salah satu kegiatan yang tentu sangatlah menyenangkan. Mungkin Anda yang sudah seringkali berwisata, ingin sekali merasakan tempat wisata yang menawarkan sensasi baru. Salah satu tempat yang bisa Anda kunjungi tersebut berada di Lampung. Tempat wisata ini bernama Rumah Daswati Lampung.

Di tempat inilah nantinya Anda akan memperoleh pengalaman baru yang tidak mungkin Anda temukan di tempat lain. Bagi para pecinta rumah-rumah ataupun peninggalan-peninggalan kuno, maka tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi.

Tempat ini merupakan saksi bisu di mana sejarah berdirinya Lampung terjadi di rumah ini. Anda akan menemukan beberapa barang-barang peninggalan yang mengandung sejarah dan cerita masa lalu. Bagi yang penasaran, maka berikut ini akan diulas lebih lengkap lagi mengenai Rumah Daswati, daya tarik, lokasi, kegiatan menarik dan lain sebagainya.

Sejarah Rumah Daswati Lampung

Sejarah Rumah Daswati Lampung
Image Credit: Instagram 𝓜𝓾𝓱𝓪𝓶𝓶𝓪𝓭 𝓨𝓸𝓰𝓲 𝓐𝓻𝔂𝓪𝓷𝓭𝓪

Banyak masyarakat yang mungkin tidak mengetahui bahwasannya Rumah Daswati merupakan saksi akan sejarah berdirinya Lampung. Rumah yang berada di daerah swatantra tingkat 1 tersebut memang populer dikenal dengan sebutan Rumah Daswati.

Perlu Anda ketahui, bahwasannya Lampung dulu bukanlah sebuah provinsi, melainkan keresidenan dari Sumatera Selatan. Saat itu warga Lampung dalam mengurusi segala keperluannya mengalami kesulitan oleh karena hal tersebut.

Baik itu dalam segi administrasi ataupun pemerintahan. Hal itu dikarenakan segala yang ingin diputuskan perlu melalui persetujuan dari pihak pusat yang berada di Kota Palembang. Otomatis perjalanan bolak-balik dari Palembang – Lampung perlu dilakukan oleh masyarakat saat itu.

Oleh karena munculnya tekad masyarakat agar Lampung menjadi daerah provinsi, maka para pemimpin adat, pemimpin daerah dan tokoh masyarakat yang ada di Kota Lampung mulai bergerak untuk mewujudkan hal tersebut.

Para pemimpin akhirnya mulai bergerak untuk mewujudkan hal itu pada tahun 1962. Upaya yang mereka lakukan yaitu dengan membuat petisi untuk pemerintah Provinsi Sumatera Selatan. Para tokoh terus melakukan hal tersebut sekalipun upaya yang mereka lakukan selalu saja gagal.

Tapi pada tanggal 28 Februari tahun 1963, mulai diadakan rapat dan dihadiri para tokoh Lampung serta tokoh partai yang akhirnya menghasilkan pembentukan Panitia Perjuangan Daswati. Panitia itu sendiri memiliki jumlah sekitar 12 orang.

Rapat pertama kali dilangsungkan pada 7 Maret 1963, yang bertempat di gedung perjuangan 45. Dalam rapat tersebut didapatkan hasil bahwasannya masyarakat Lampung serta para pemimpin partai dan juga tokoh-tokoh masyarakat yang ada di sana, mendukung gerakan untuk Lampung menjadi provinsi.

Selanjutnya salah satu tokoh yaitu Ibrahim, mulai menjadikan rumah pribadinya sebagai tempat untuk melangsungkan rapat bagi para panitia perjuangan. Di Rumah Daswati Lampung tersebut telah seringkali dilakukan rapat hingga akhirnya ditetapkan sebagai kantor sekretariat panitia perjuangan itu sendiri.

Ketika berkas-berkas yang telah dikumpulkan mulai cukup, akhirnya pada tanggal 18 Mei tahun 1963 panitia pun menemui presiden Soekarno di Istana Bogor. Permintaan itu akhirnya disetujui kurang lebih 1 jam dan sejak saat itu Lampung mulai menjadi provinsi yang memiliki hak otonomi sendiri.

Pada tanggal 18 Maret 1994 akhirnya diadakan upacara serah terima yang merupakan momen bersejarah bagi provinsi Lampung kala itu. Serah terima tersebut dari provinsi Sumatera Utara pada Lampung. Gubernur Lampung pun juga dilantik pada hari itu juga.

Daya Tarik Rumah Daswati Lampung

Daya Tarik Rumah Daswati Lampung
Image Credit: Twitter lampungheritage

1. Bangunan Khas Kolonial

Daswati itu sendiri merupakan singkatan dari daerah swatantra tingkat. Rumah yang satu ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang ingin berkunjung. Rumah adat tersebut dulunya pernah dijadikan sebagai rumah tempat para tokoh Lampung melakukan perumusan serta rapat untuk persiapan berdirinya Provinsi Lampung.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa dulunya Lampung merupakan bagian dari Sumatera Selatan. Untuk melakukan perjuangan tersebut, akhirnya para panitia perjuangan melakukan berbagai macam upaya. Mereka melakukan perumusan dan rapat di rumah yang satu ini.

Rumah Daswati Lampung berdiri di sebuah lahan yang memiliki luasan area mencapai 1000 m². Keadaan dari rumah ini memang tidak sekokoh dahulu. Anda akan menemukan beberapa atap yang memang tampak rapuh dan bahkan nyaris roboh. Namun meski begitu, dibalik kerapuhan dari rumah ini, Anda akan menyaksikan keaslian dari bangunan zaman kolonial dahulu.

Atap dari rumah ini memiliki bentuk limas yang di atasnya terdapat dua menara. Selain itu daun pintu dan jendela dari rumah tersebut memiliki ukuran yang panjang. Hal itu makin menciptakan kesan kuno dari bangunan tersebut.

Di bagian belakang Anda bisa menemukan sebuah lorong yang menghubungkan antara kamar mandi dan dapur. Ruangan dimana tempat para panitia perjuangan melakukan rapat dan pertemuan terjadi di sebuah ruangan yang berukuran sekitar 4 x 4 meter.

2. Sumur Tua

Di area belakang bangunan kamar mandi dan juga dapur Anda bisa menemukan sumur tua. Sumur tersebut airnya cukup jernih. Selain itu juga bagian dari dinding sumur terdapat banyak akar-akar pohon.

Pohon Tua yang ada di area sumur masih berdiri kokoh hingga saat ini. Yang menarik dari sumur ini adalah fakta bahwa sumur tersebut tidak pernah mengalami kekeringan. Bahkan sekalipun saat itu tengah musim kemarau.

3. Barang Bersejarah

Daya tarik berikutnya yaitu terdapat beberapa sisa barang-barang peninggalan dari panitia perjuangan. Barang-barang tersebut yang dulunya digunakan oleh mereka dalam melakukan perumusan berdirinya Provinsi Lampung.

Barang-barang yang merupakan saksi bisu itu antara lain seperti lemari, kursi, meja kayu, jam dinding yang kuno dan beberapa barang-barang lain yang tak kalah kuno.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Rumah Daswati
Image Credit: Twitter Jaewon

Rumah Daswati ini berada di Tanjung Karang. Tepatnya yaitu berada di Jalan tulang bawang nomor 175 A. Bagi Anda yang berencana untuk mengunjungi tempat tersebut, maka Anda bisa menggunakan bantuan Google Maps. Tidak susah untuk menemukan lokasinya. Anda hanya tinggal mengikuti arahan yang diberikan oleh Google untuk bisa sampai ke sana.

Anda yang tertarik untuk mengunjungi wisata sejarah ini, maka mengenai informasi harga tiket saat ini masih belum diketahui dengan pasti. Karena memang tempat wisata yang satu ini belum dikelola secara profesional. Sehingga informasi mengenai berapa besar tiket tersebut hingga saat ini belum diketahui.

Namun oleh karena belum ada pengelolaan secara profesional, tentunya sekalipun ada biaya untuk mengunjungi rumah tersebut, pastilah sangat terjangkau. Anda bisa datang bersama dengan keluarga, teman ataupun sahabat Anda.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan

Kegiatan Menarik Rumah Daswati
Image Credit: Instagram hasan jaya

1. Melihat Bukti Sejarah

Salah satu aktivitas menarik ketika Anda berkunjung ke Rumah Daswati ini salah satunya yaitu Anda akan bisa melihat bukti sejarah. Seperti yang telah diulas di atas, rumah ini merupakan tempat dimana para panitia perjuangan melakukan rapat dan pertemuan untuk mengupayakan agar Lampung menjadi sebuah provinsi.

Di sanalah nantinya Anda akan melihat berbagai macam benda-benda yang digunakan oleh panitia tersebut. Tentunya barang-barang yang ditinggalkan sudah berusia sangat tua. Anda bisa melihat hal tersebut dari bentuknya yang sudah usang dan juga kuno. Dengan melihat barang-barang tersebut, tentunya pikiran Anda akan dibawa melintas ke masa lalu.

2. Berburu Foto

Rumah Daswati Lampung merupakan rumah peninggalan zaman dahulu sehingga memiliki bentuk yang sangat kuno khas kolonial. Saat ini susah sekali untuk menemukan rumah-rumah peninggalan masa lalu.

Dengan Anda berkunjung ke rumah ini tentunya Anda bisa berfoto dengan latar rumah yang sangat kuno. Hal itu tentu akan memperindah halaman Instagram Anda. Oleh karena itu, pastikan ketika berkunjung ke tempat ini Anda tidak lupa membawa kamera.

3. Bersantai

Setelah Anda puas menikmati seluruh area rumah, maka Anda pun juga bisa sekedar bersantai dengan duduk-duduk di sana. Tempatnya sangat tertutup dan halaman yang ada di sekitar rumah juga nyaman bagi Anda yang ingin merasakan udara segar. Di tempat tersebut juga terdapat sumur tua yang memiliki air begitu jernih.

Objek Wisata Dekat Rumah Daswati Lampung

Objek Wisata Dekat Rumah Daswati Lampung
Image Credit: Google Maps zhafran afif syahmenan

1. Pantai Tirtayasa

Setelah Anda mengunjungi Rumah Daswati, maka tempat wisata lain yang bisa dikunjungi ketika berada di Lampung yaitu Pantai Tirtayasa. Pemandangan yang dimiliki oleh pantai ini memang sangatlah indah. Banyak orang yang datang berkunjung ke tempat tersebut hanya untuk berfoto. Anda bisa menemukan panorama yang begitu sempurna di pantai ini.

2. Taman Kupu-Kupu

Untuk tempat yang satu ini sangat cocok bagi Anda para wanita. Karena memang seperti kita ketahui banyak wanita yang menyukai spesies kupu-kupu. Di tempat inilah nantinya Anda akan menemukan banyak jenis kupu-kupu yang menarik. Setidaknya terdapat 100 jenis kupu-kupu khas Sumatera yang bisa Anda temukan di sana.

3. Pura Kerti Bhuana

Untuk destinasi berikutnya yang juga tak kalah seru dikunjungi yaitu Pura Kerti Bhuana. Pura yang satu ini nyatanya juga bisa Anda temukan di Lampung. Pura dengan bentuk yang megah dengan arsitektur menarik sangat cocok untuk dijadikan background bagi Anda pecinta fotografi.

Itulah tadi ulasan lengkap mengenai Rumah Daswati Lampung yang perlu untuk Anda ketahui. Jika kebetulan Anda tengah berkunjung ke provinsi Lampung, maka tidak ada salahnya untuk berkunjung ke tempat tersebut. Di tempat itulah nantinya Anda akan menemukan keseruan yang tidak akan Anda peroleh di tempat lain.