Rahmat International Wildlife Museum & Gallery – Sejarah, Koleksi, Tiket & Ragam Aktivitas

Rahmat International Wildlife Museum & Gallery – Sejarah, Koleksi, Tiket & Ragam Aktivitas
Harga Tiket: Rp 50.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. S. Parman No.309, Petisah Hulu, Kec. Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara.

Destinasi wisata ini merupakan sebuah museum dengan koleksi berbagai jenis satwa. Pemilik sekaligus pendiri dari Museum ini adalah seorang pemburu profesional yang juga tergabung sebagai AMI atau Majelis Kehormatan Asosiasi Museum Indonesia, yakni Dr. H. Rahmat Syah.

Hal yang melatar belakangi Rahmat Syah untuk mendirikan museum ini adalah untuk mengenalkan keragaman berbagai satwa liar yang ada di dunia kepada seluruh masyarakat, hal ini diharapkan mampu menggerakkan masyarakat untuk turut menjaga dan menyayangi kelestarian hewan di alam.

Selain dapat digunakan sebagai tempat refreshing, museum ini juga dapat menambah pengetahuan bagi Anda. Di museum ini juga tidak hanya terdapat hewan-hewan khas Indonesia, melainkan terdapat pula berbagai hewan khas dari negara lain, misalnya Afrika.

Sejarah Rahmat International Wildlife Museum & Gallery

Sejarah Rahmat International Wildlife Museum & Gallery
Image Credit: Google Maps Em Shal

Sejarah didirikannya Rahmat International Wildlife Museum ini berawal dari koleksi pribadi pendiri sekaligus pemilik museum tersebut. Rahmat Syah adalah seorang pecinta alam serta konservasionis yang sudah banyak mengunjungi dan berpetualang di berbagai tempat di dunia.

Pada awalnya koleksi Rahmat hanyalah sebatas kerangka hewan yang berjumlah 1000 buah, karena semakin terkenalnya museum ini, banyak orang yang tertarik untuk memberikan koleksinya agar dapat dipajang di museum ini. hingga saat ini Museum Rahmat Gallery memiliki lebih dari 3000 koleksi hewan.

Gedung museum ini juga sudah mengalami perluasan dari luas awal yang dimiliki sebelumnya. Saat ini Museum Rahmat menempati gedung yang memiliki 3 lantai dengan luas sekitar 2,9 meter persegi. Perluasan pada gedung museum ini diperlukan untuk memenuhi dan menunjang perkembangan jaman.

Rahmat Museum & Gallery diresmikan langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia yang menjabat kala itu, yaitu Prof. Dr. Juwomo Sudarsono, MA pada 14 Mi 1999. Seiring perkembangan jaman, museum ini semakin menarik minat masyarakat untuk mengunjunginya, bahkan bukan hanya masyarakat dalam negeri, tetapi juga masyarakat dari manca negara.

Karena mulai terkenal dan menjadi objek wisata yang banyak diburu, tepat pada 13 November 2007 Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono melakukan peresmian untuk perluasan bangunan pada gedung Rahmat Museum & Gallery.

Koleksi yang Dimiliki Rahmat Museum & Gallery

Koleksi Rahmat Museum & Gallery
Image Credit: Google Maps enny silaban

1. Burung Mambruk

Museum ini memiliki koleksi berbagai macam jenis burung, salah satu diataranya yaitu burung mambruk. Burung ini memiliki ukuran besar dengan warna abu-abu dan kaki bersisik bagai ayam. Burung endemik asal Papua ini terlihat begitu cantik dengan hiasan kepala seperti memakai mahkota. Jenis burung ini termasuk ke dalam jenis merpati paling besar yang pernah ada.

2. Ular King Kobra

Rahmat International Wildlife Museum & Gallery memiliki koleksi berupa hewan paling beracun di dunia, yaitu ular king kobra. Selain itu, ular kobra juga merupakan salah satu ular terpanjang yang dapat tumbuh hingga mencapai panjang 5,5 meter. Ukuran ini tentu saja lebih panjang daripada tinggi badan manusia pada umumnya.

3. Komodo

Hewan asli Indonesia yang hampir punah ini juga turut menjadi koleksi yang ada di Museum Rahmat. Komodo digadang-gadang merupakan jenis dinosaurus terakhir yang ada di dunia. Hewan ini merupakan spesies biawak terbesar yang masih dapat ditemui hingga saat ini.

Koleksi Rahmat Museum & Gallery 2
Image Credit: Google Maps Ahmad Mulyadi

4. Kerangka Berbagai Macam Hewan

Selain berbagai macam jenis hewan yang diawetkan, Rahmat Museum juga memiliki koleksi beragam kerangka hewan yang menarik untuk dilihat. Beberapa kerangka hewan yang ada di museum ini diantaranya kerangka Gajah Asia, kerangka Orang Utan, hingga kerangka Kuda Nil yang dirangkai menjadi satu bagian utuh.

5. Beragam Photo

Lain halnya dengan lantai 1 dan lantai 2 yang memamerkan berbagai jenis hewan, pada lantai 3 pihak pengelola dari museum menyajikan hal yang begitu berbeda, yakni berbagai macam koleksi photo.

Lantai 3 gedung museum ini dijadikan sebagai ruang serbaguna dengan koleksi unik dari berbagai foto tokoh-tokoh olahraga dan film dunia. Di sini juga terdapat benda-benda pribadi yang pernah dimiliki oleh orang ternama dunia. Misalnya koleksi piringan hitam dari Michael Jackson, serta sarung tinju bertanda tangan milik Mike Tyson dan Muhammad Ali.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Museum Gallery
Image Credit: Google Maps yasmin

Rahmat International Wildlife Museum & Gallery terletak di pusat kota yang membuatnya tidak sulit untuk ditemukan. Berada di Medan, menyebabkan museum ini juga dikenal dengan nama Rahmat Gallery Medan. Untuk dapat menuju lokasi museum ini, Anda hanya perlu menuju Jalan S. Parman nomor 309 setelah berada di Medan.

Museum yang masuk ke dalam Provinsi Sumatera Utara ini dapat Anda kunjungi dengan menggunakan transportasi pribadi atau Anda juga dapat memilih menggunakan alternatif transportasi online yang selalu siap siaga untuk mengantar Anda menuju lokasi wisata museum.

Apabila menggunakan kendaraan pribadi, dan baru pertama kali menuju museum ini, Anda dapat mencari lokasi tepat dari keberadaan Rahmat Museum & Gallery dengan memanfaatkan fasilitas Google Maps. Dengan membuka rute perjalanan dari Google Maps, Anda akan langsung mendapatkan rute perjalanan tercepat yang dapat Anda tempuh.

Harga Tiket Masuk Wisata Museum

Harga Tiket Masuk Museum Gallery
Image Credit: Google Maps SKYSAT Peter Ooi

Untuk memasuki kawasan Rahmat International Wildlife Museum & Gallery Anda akan dikenakan sejumlah biaya masuk. Terdapat beberapa kategori untuk biaya masuk yang ada di museum ini. Biaya yang dikenakan untuk orang dewasa yakni sebesar 50 ribu rupiah, sedangkan untuk anak-anak usia 3 sampai 14 tahun, biaya masuk yang akan dikenakan yaitu sekitar 40 ribu rupiah.

Kategori biaya masuk tidak hanya dikenakan pada masyarakat dalam negeri, melainkan juga terdapat biaya masuk khusus yang akan dikenakan untuk pengunjung yang datang dari manca negara, yakni sebesar 150 ribu rupiah per orang.

Museum ini juga menyediakan potongan harga khusus bagi grup atau institusi pendidikan yang berkunjung ke sana. Potongan harga atau diskon yang diberikan pun cukup besar yakni 50% dengan membawa rombongan yang berisi setidaknya sekitar 25 orang. Hal ini membuat Rahmat Museum & Gallery cocok dijadikan sebagai lokasi wisata bagi para pelajar dan rombongan.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan Pengunjung

Aktivitas Menarik Museum Gallery
Image Credit: Google Maps Irpan Nasution

1. Menikmati Keindahan Berbagai Koleksi Burung

Memiliki ribuan jenis satwa yan diawetkan memang dapat menarik banyak pengunjung untuk datang dan berkeliling di Rahmat International Wildlife Museum & Gallery. Tak terkecuali dengan koleksi berbagai burung yang dapat Anda temukan ketika baru memasuki gedung museum pada lantai satu.

Terdapat berbagai macam jenis burung dengan warna, corak, dan bentuk yang beragam di museum ini. Koleksi burung-burung ini diletakkan di dalam sebuah kelompok yang dinamai Pheasants of the world.

2. Menjelajahi Kawasan Satwa Afrika

Museum ini juga memiliki koleksi awetan lima satwa besar yang dikategorikan sebagai hewan berbahaya di Afrika. Kawasan dari awetan lima satwa Afrika ini diberi nama African Big Five. Hewan khas Afrika yang dipamerkan dalam kawasan ini yaitu, banteng, singa, gajah, cheetah, serta gajah. Hewan-hewan ini dianggap sebagai hewan besar sekaligus berbahaya di Afrika.

3. Berpetualang Safari Malam

Bagi Anda yang gemar akan tantangan, Anda layak untuk mencoba memasuki ruangan Night Safari. Memasuki ruangan ini, pengunjung akan diajak merasakan sensasi menantang dengan tatanan khusus dari ruangan yang memiliki desain layaknya berada di tengah hutan ketika malam hari.

Aktivitas Menarik di Museum Gallery
Image Credit: Google Maps rizqi Erpriatna

4. Menengok Hamparan Salju yang Berisi Beruang

Terdapat sebuah ruang bernama Bear Room yang disajikan dengan keadaan bagaikan hamparan salju dengan berbagai hewan di dalamnya. Beberapa hewan yang dapat Anda lihat di ruang ini diantaranya, beruang putih, beruang coklat, dan serigala. Dengan hiasan salju, dapat menciptakan suasana seolah sedang di habitat asli hewan tersebut yang dingin.

5. Berburu Souvenir

Rahmat Museum & Gallery menyediakan tempat khusus yang dapat didatangi pengunjung untuk berburu souvenir atau oleh-oleh untuk dibawa pulang. Tersedia aneka souvenir unik yang dapat mencirikan bahwa Anda sudah pernah berkunjung ke museum ini. Tidak perlu khawatir, sebab harga souvenir yang ditawarkan disini terbilang cukup murah.

Objek Wisata Terdekat dari Museum & Galeri Rahmat

Kongsi (Kampoeng Selfie)
Image Credit: Google Maps Ian Pelawi

1. Kongsi (Kampoeng Selfie)

Lokasi wisata ini sangat cocok untuk para pecinta fotografi. Lokasinya yang tak jauh dari Rahmat museum ini menjadi pilihan ketika berada di area wisata ini. Konsep wisata ini cukup kekinian sehingga cocok bagi kaula muda.

2. Kawasan wisata sejarah Kolam Sri Deli

Taman peninggalan kerajaan kesultanan Deli ini kini menjadi objek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan. Tidak hanya wisatawan lokal saja, wisatawan luar daerah juga datang kesini. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan seperti bersantai bersama keluarga, berfoto ria, dan masih banyak lagi.

3. Menara Tirtanadi

Menara ya g menjadi landmark kota Medan ini pastinya sudah tidak asing di telinga. Bangunan peninggalan Belanda ini masih kokoh berdiri dan menjadi lokasi wisata bagi warga Medan dan sekitarnya.

Itulah beberapa ulasan mengenai Rahmat Museum & Gallery yang tentunya menambah daftar lokasi wisata yang dapat Anda kunjungi di Medan. Berkunjung ke Rahmat International Wildlife Museum & Gallery dijamin dapat menambah pengetahuan dan tidak akan membuat Anda merasa kecewa.