Museum Simalungun – Sejarah, Koleksi, Tiket & Ragam Aktivitas

Museum Simalungun – Sejarah, Koleksi, Tiket & Ragam Aktivitas
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Jenderal Sudirman, Proklamasi, Kec. Siantar Barat, Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara.

Museum Simalungun merupakan salah satu tujuan wisata sejarah yang cukup populer di Sumatera Utara. Pasalnya, banyak sekali wisatawan yang mengakui bahwa museum tersebut terbilang cukup unik dan tentunya menarik.

Popularitas dari museum ini bahkan sampai ke luar negeri juga. Hal itu dapat terlihat dari banyaknya wisatawan asing yang menghabiskan waktu di museum tersebut. Apalagi, saat musim liburan telah tiba, maka jumlah wisatawan yang datang ke tempat tersebut akan meningkat.

Anda juga dapat mengajak teman, sahabat, maupun saudara untuk berkunjung secara ramai-ramai supaya momen liburan terasa lebih menyenangkan. Menariknya, wisatawan juga banyak yang mengajak anak-anak supaya mereka dapat memperkaya ilmu pengetahuan. Agar tidak semakin penasaran, di bawah ini beberapa hal yang berkaitan dengan Museum Simalungun yang wajib Anda ketahui.

Sejarah Museum Simalungun

Sejarah Museum Simalungun
Image Credit: Google Maps Roberto Dani Wardhaningsih

Museum ini pada awalnya disebut dengan nama Rumah Pusaka Simalungun. Museum yang satu ini adalah hasil dari rapat Harungguan yang telah dihadiri oleh berbagai tokoh penting yang ada di Kabupaten Simalungun. Misalnya saja seperti Raja-Raja Simalungun, Tungkat, kepala distrik, tokoh pemerintah setempat hingga tokoh masyarakat.

Rapat tersebut diselenggarakan pada 14 Januari 1937 silam. Ketika pembangunannya telah rampung dikerjakan, maka museum pun mulai diresmikan menggunakan upacara adat Simalungun yang bertepatan pada 3 April 1940.

Pembangunan museum sendiri memiliki tujuan guna melestarikan budaya yang ada di Batak Simalungun. Pengelola dari museum tersebut yaitu Yayasan Museum Simalungun yang berdiri pada 27 September 1954 dan telah sesuai pada akte notaris no 13 tahun 1954.

Koleksi Museum Simalungun

Koleksi Museum Simalungun
Image Credit: Google Maps Rudi Chandra Sambas

1. Koleksi Etnografika

Di dalam museum ini memiliki kurang lebih 900 buah koleksi dan salah satunya yaitu koleksi etnografika. Koleksi etnografika ini antara lain berupa peralatan rumah tangga, peralatan pengrajin tenun, peralatan tari dan musik, peralatan Pandai Besai dan Pandai Emas, peralatan berburu dan meramu, peralatan menangkap ikan, dan peralatan pertanian.

2. Koleksi Keramikologie

Bahkan terdapat pula koleksi keramikologie di dalam Museum Simalungun ini. Koleksi tersebut terdiri dari beragam jenis porselin buatan Spanyol, Holland, dan China. Tentu saja ini merupakan salah satu koleksi yang terbilang cukup langka. Tidak heran apabila koleksi tersebut sangat dijaga dengan baik.

3. Koleksi Numiematika

Koleksi selanjutnya yang ada di Museum Simalungun yaitu Numiematika. Koleksi yang satu ini yakni terdiri dari berbagai jenis mata uang. Misalnya saja mata uang Jepang, Belanda, dan tentu saja Indonesia juga ada di sini.

Koleksi di Museum Simalungun
Image Credit: Google Maps Marvin Sirait

4. Koleksi Naskah Kuno

Koleksi naskah kuno atau Old Manuscript yang ada di dalam museum tersebut terbuat dari kulit bambu ayan dan kayu Alim. Naskah kuno sendiri biasanya menyimpan beragam aspek ilmu dan pengetahuan seperti astronomi dan astrologi serta berbagai ramuan tradisional.

5. Koleksi Arkeologi

Koleksi arkeologi yang ada di sana yakni terdiri atas beraneka arca yang dibuat dari kuningan, perunggu, dan batu. Jumlah arca yang ada di dalam museum ini pun tidak hanya sedikit.

6. Koleksi Hand Craft

Koleksi Hand Craft sendiri merupakan koleksi karya seni yang berupa ornament dan arca yang terbuat dari bahan bambu dan kayu. Koleksi tersebut cukup unik karena tentu saja membutuhkan kreativitas yang tinggi untuk pembuatannya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Museum Simalungun
Image Credit: Google Maps bontor simbolon

Alamat dari Museum Simalungun tersebut terletak di Kota Pematang Siantar, Provinsi Sumatera Utara. Untuk lebih detailnya lagi yaitu berada di Jalan Jenderal Sudirman P Siantar, Kecamatan Proklamasi, Kabupaten Siantar Barat. Lokasinya pun dekat dengan beberapa tempat seperti Stasiun Siantar, Polresta Pematang Siantar, Masjid Raya Pematang Siantar, Lapangan Merdeka, dan lain sebaigainya.

Ada berbagai rute yang dapat Anda pilih untuk bisa tiba di tujuan wisata sejarah yang satu ini. Ada 3 jalur yang dapat dilalui yakni jalur udara, jalur laut, dan jalur darat. Jika melalui jalur udara, maka setibanya di Bandara Kuala Namu bisa langsung melanjutkan perjalanan memakai kendaraan bermotor. Rutenya yaitu, Jl Tol Medan, Kuala Namu, Jl Lintas Sumatera, Jl Yos Sudarso, dan Jl Jenderal Sudirman.

Jika melalui jalur laut, maka sesampainya Anda di Pelabuhan Belawan dapat langsung melanjutkan perjalanan dengan motor ataupun mobil. Rutenya sendiri yaitu Jl R Pelabuhan, Jl Tol Belmera, Jl Tol Medan, Kuala Namu, Jl Lintas Sumatera, Jl Yos Sudarso, Jalan Jenderal Sudirman.

Apabila melalui jalur darat, maka dapat memulai perjalanan dari pusat Kota Medan. Untuk rute yang akan Anda lalu antara lain yaitu Jl Guru Patimpus, Jl Gatot Subroto, Jl Kapten Maulana Lubis, Jl Balaikota, Jl Prof HM Yamin Sh, Jl Perintis Kemerdekaan, Jl Tol Belmera, Jl Tol Medan, Kuala Namu, Jl Lintas Sumatera, Jl Yos Sudarso, lalu Jl Jenderal Sudirman.

Harga Tiket Masuk Museum

Harga Tiket Masuk Museum
Image Credit: Google Maps Iwan Johnson M S

Menariknya, tempat wisata yang bernama Museum Simalungun ini tidak memberlakukan biaya untuk tiket masuk. Sehingga, seluruh pengunjung yang ingin memasuki area museum tersebut tidak harus membayar tiket masuk alias gratis. Pastinya hal ini cocok sekali bagi Anda yang ingin menghemat biaya ketika melakukan perjalanan wisata edukatif.

Jam buka dari museum populer ini yaitu setiap Hari Senin sampai Jumat, tepatnya dari jam 8 pagi hingga 5 sore. Jam tersebut tentu saja disesuaikan oleh zona waktu setempat. Sehingga, disarankan untuk tidak melakukan perjalanan menuju ke museum ini pada Hari Sabtu dan Minggu dikarenakan tutup.

Jika Anda merasa kurang jelas atau khawatir terdapat perubahan mengenai harga tiket masuk dan jam buka wisata tersebut, maka bisa langsung menghubungi call center saja. Untuk kontak call senternya sendiri dapat dengan mudah Anda temukan di internet.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan Pengunjung

Aktivitas Menarik Museum Simalungun
Image Credit: Google Maps Roberto universal teknik

1. Hunting Foto

Meskipun kawasan tempat wisata tersebut tidak begitu luas serta bukan tempat wisata alam, Anda tetap dapat menyalurkan hobi fotografi dengan memanfaatkan panorama berupa berbagai benda bersejarah. Terdapat pula spot menarik yang dapat Anda pakai sebagai background foto bersama dengan keluarga dan teman-teman.

Jika Anda telah puas memperoleh banyak foto ataupun video, maka dapat mengunggahnya di berbagai sosial media yang dimiliki. Dengan begitu, Anda dapat membantu untuk lebih mengenalkan tempat wisata bersejarah tersebut kepada orang secara luas supaya lebih banyak lagi pengunjung yang tertarik dan datang ke sana.

2. Menyaksikan Pertunjukan

Di Museum Simalungun ini seringkali diadakan pertunjukan memainkan alat musik tradisional. Adanya pertunjukkan ini mampu membuat rekreasi atau wisata Anda di tempat tersebut terasa semakin menyenangkan. Apalagi, tentu saja sangat menarik sekali terutama bagi Anda yang memiliki ketertarikan dengan alat musik tradisional.

Museum tersebut juga sering dijadikan sebagai pusat kegiatan banyak seniman yang ada di Simalungun. Sehingga, tidak heran apabila terdapat pertunjukan seni tradisional yang kerap digelar di museum ini.

Aktivitas Menarik Museum di Museum Simalungun
Image Credit: Facebook Anca Damanik

3. Menjelajahi Area Museum

Dikarenakan ada berbagai macam koleksi yang dimiliki oleh museum ini, maka kegiatan utama yang wajib dilakukan oleh pengunjung tentu saja menjelajahinya. Anda akan merasa terkesima dengan berbagai benda bersejarah yang mungkin saja belum pernah Anda lihat sebelumnya. Kegiatan yang satu ini juga dapat memberikan Anda pengalaman baru yang pastinya berharga.

Akan tetapi, seluruh pengunjung yang ada di kawasan Museum Simalungun wajib menjaga dan tidak boleh merusak seluruh koleksi benda bersejarah yang dipajang. Oleh karena itu, jangan sampai Anda menyentuh barang-barang tersebut secara sembarangan. Jika masih terdapat yang hendak Anda tanyakan tentang koleksi benda di museum ini, maka dipersilahkan langsung bertanya kepada petugas.

4. Berburu Kuliner

Sesudah berkeliling serta melihat-lihat berbagai macam koleksi yang ada di museum tersebut, pastinya akan membuat perut Anda terasa lapar. Akan tetapi, tidak perlu khawatir jika Anda lupa atau tidak punya waktu untuk menyiapkan bekal makanan. Pasalnya, di sekitar museum ini Anda bisa menemukan beberapa toko dan warung miliki warga setempat yang menjual berbagai menu kuliner yang enak.

Selain menunya yang banyak dan rasanya yang menggugah selera, namun harga yang ditawarkan pun terbilang sangat bervariasi. Oleh sebab itu, Anda bisa berburu kuliner lezat yang harganya memang sesuai dengan dana yang dimiliki.

Anda juga dapat menikmati makanan dan minuman tersebut di beberapa gazebo yang disediakan. Dengan begitu, Anda bisa duduk-duduk santai sembari menikmati makanan dan melihat panorama sekitar berupa bangunan museum yang sangat unik dan bagus.

Objek Wisata Terdekat dari Museum Simalungun

Objek Wisata Terdekat dari Museum Simalungun
Image Credit: Google Maps Danish 2019

1. Martoba Waterpark

Martoba Waterpark ini salah satu wisata favorit yang lokasinya cukup dekat dengan museum tersebut. Wahana yang paling menarik yaitu waterboom.

2. Aek Manik

Aek Manik merupakan wisata pemandian yang memiliki udara sejuk serta pemandangan yang asri. Kolam alamnya pun mempunyai tatanan yang indah sekali.

3. Bukit Indah Simarjarunjung

Tempat wisata ini terbilang sangat hits di Sumatera Utara. Anda dapat melakukan hunting foto di Bukut Indah Simarjarunjung ini.

Itulah beberapa hal yang ada kaitannya dengan Museum Simalungun yang ada di Sumatera Utara. Segeralah rencanakan liburan ke tempat ini ketika waktu liburan Anda telah tiba.