Museum Kandil Kemilau Emas – Sejarah, Daya Tarik, Lokasi & Ragam Aktivitas

Museum Kandil Kemilau Emas – Sejarah, Daya Tarik, Lokasi & Ragam Aktivitas
Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Pulau Belimbing, Kec. Kuok, Kab. Kampar, Riau.

Semua orang tentu sangat menyukai kegiatan berlibur. Kegiatan yang satu ini nyatanya memang sangat dibutuhkan oleh Anda untuk membuat pikiran jadi lebih fresh. Aktivitas yang dilakukan sehari-hari tentu akan membuat pikiran sedikit penat. Maka dari itu, disini Anda bisa pergi berlibur untuk membuat rasa penat tersebut hilang.

Ada banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi, khususnya di negara Indonesia ini. Salah satu tempat wisata yang mampu menawarkan pengalaman seru bagi para pengunjungnya yaitu museum. Berkunjung ke museum akan memberikan Anda sebuah pengalaman baru yang tidak akan mungkin didapat dari tempat wisata lainnya.

Salah satu museum yang sangat direkomendasikan bagi Anda yang tengah mencari tempat untuk berlibur yaitu Museum Kandil Kemilau Emas. Museum tersebut terletak di Provinsi Riau. Bagi Anda yang kebetulan berada tidak jauh dari provinsi tersebut, maka sangat cocok untuk singgah sebentar. Berikut ini adalah informasi lengkap mengenai museum yang perlu untuk Anda ketahui.

Sejarah Museum Kandil Kemilau Emas

Sejarah Museum Kandil Kemilau Emas
Image Credit: Twitter Baju Batik Modern

Riau memang dikenal sebagai salah satu wilayah yang ada di Indonesia dengan tempat wisatanya yang cukup beragam. Ada banyak sekali wisata budaya dan wisata alam yang bisa ditelusuri dan dinikmati di wilayah tersebut. Salah satu yang cukup populer yaitu Museum Kandil Kemilau Emas. Museum yang satu ini mulai diresmikan tepatnya pada tanggal 22 Mei tahun 1988.

Di dalam Museum tersebut banyak sekali menyimpan sejarah serta peninggalan barang-barang yang merupakan saksi bisu mengenai perjalanan Provinsi Riau dan Nusantara. Museum tersebut adalah sebuah bangunan rumah yang mana di sini memiliki bentuk rumah adat. Museum ini dibangun oleh seorang yang bernama almarhum Haji Hamid.

Almarhum Haji Hamid mulai mendirikan museum tersebut yaitu pada tahun sekitar 1900 an. Beliau itu sendiri merupakan seorang sesepuh yang asli berasal dari Riau. Mengenai Mengapa museum itu sendiri didirikan awal kalinya, hingga saat ini masih belum diketahui dengan pasti alasan tersebut.

Namun terlepas dari itu semua, museum yang satu ini memang menyimpan berbagai macam barang-barang bersejarah dan sangat antik. Koleksi barang-barang dengan nilai sejarah yang begitu tinggi tersebut tentu akan membuat Anda sebagai pengunjung akan merasa berdecak kagum. Beberapa dari barang yang bisa Anda temukan di sana telah memiliki usia puluhan bahkan ratusan tahun.

Salah satu contoh koleksi antara lain seperti alat pertukangan, berbagai macam tembikar, alat tangkap ikan, alat pertanian, perhiasan, pelaminan, alat kesenian, serta alat perdagangan dan masih banyak lagi peralatan-peralatan lainnya yang bisa dilihat dalam museum ini.

Koleksi Museum Kandil Kemilau Emas

Koleksi Museum Kandil Kemilau Emas
Image Credit: Facebook Solusi Harisman

1. Arsitektur Bangunan yang Menarik

Ada banyak sekali koleksi menarik yang bisa Anda temukan ketika berkunjung ke Museum ini. Salah satu hal menarik tersebut yaitu arsitektur dari bangunan museum itu sendiri. Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa museum tersebut dibangun oleh seorang tokoh masyarakat yang bernama Haji Hamid. Museum tersebut memiliki bentuk rumah adat lima.

Rumah adat lima itu sendiri memiliki bentuk yang sangatlah unik. Bagi Anda yang belum pernah menyaksikan rumah adat, maka ketika Anda berkunjung ke museum tersebut tentu akan menyaksikan secara langsung keindahan arsitektur dari bangunan rumah adat lima ini.

Di tempat yang satu ini nantinya Anda juga bisa melihat berbagai macam koleksi barang yang memiliki nilai sejarah. Seperti contohnya alat pertukangan, barang-barang tembikar, alat untuk menangkap ikan, alat kesenian, alat perdagangan, bahkan alat-alat untuk menggelar sebuah pesta pada zaman dahulu.

2. Koleksi Barang dari Abad Lama

Ada banyak sekali koleksi menarik yang bisa ditemukan ketika berkunjung ke Museum Kandil Kemilau Emas ini. Barang-barang tersebut merupakan barang-barang peninggalan sejarah. Bahkan tidak jarang Anda menemukan alat yang ada di sana merupakan barang peninggalan abad ke-18.

Sebagai contohnya Anda bisa menemukan dayung perahu dagang yang mana disini bahan baku yang digunakan untuk membuat dayung tersebut sangatlah kuat dan terjaga kokoh hingga saat ini. Dayung tersebut diketahui berasal dari abad ke-18.

Selain itu, Anda juga bisa menemukan sebuah kompas yang dibuat dari bahan berupa bambu. Kompas itu sendiri merupakan peralatan dari Cina. Angka-angka yang terdapat di dalam kompas itu ditulis dengan menggunakan tulisan Cina.

Masih banyak lagi barang-barang yang akan membuat Anda takjub oleh karena usianya yang sudah tua namun terlihat masih bagus. Setidaknya terdapat 250 barang-barang antik dari museum yang mana semua itu adalah koleksi turun-temurun yang akhirnya dijadikan sebagai barang-barang pusaka dengan nilai sejarah tinggi.

Alamat dan Rute Lokasi

Alamat Museum Kandil Kemilau Emas
Image Credit: Google Maps Riau Magz

Museum ini berada di Riau. Tempat wisata yang satu ini memang cukup populer, terutama bagi para pecinta budaya dan sejarah. Untuk lokasi tepatnya sendiri yaitu berada di Kecamatan Bangkinang, Pulau Belimbing. Anda yang ingin mempelajari sejarah mengenai Riau dan juga nusantara, maka sangat disarankan untuk berkunjung ke museum tersebut.

Jika disini Anda masih bingung mengenai rute dan alamatnya, maka Anda bisa menggunakan bantuan Google Maps. Dengan menggunakan fitur tersebut tentu Anda tidak akan kesusahan lagi dalam menemukan di mana lokasi dari museum yang begitu fenomenal ini.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Museum Kandi Kemilau Emas
Image Credit: Google Maps Ferdi Yendri

Mengenai harga tiket untuk berkunjung ke Museum Kandil Kemilau Emas itu sendiri hingga saat ini masih belum ada informasi akurat. Namun dipastikan harganya tidak jauh berbeda ketika Anda ingin mengunjungi museum-museum lain yang ada di Riau ataupun area sekitarnya. Harga yang dikenakan pastilah cukup terjangkau.

Seperti kebanyakan tempat wisata, umumnya akan terdapat perbedaan harga tiket antara pengunjung anak-anak dan dewasa, ataupun kunjungan ketika hari hibur dengan hari aktif. Tapi Anda tidak perlu khawatir, karena perbedaan tersebut juga relatif terpaut tidak terlalu jauh.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan

Kegiatan Menarik Museum Kandil Kemilau Emas
Image Credit: Facebook M Kandil Kemilau Emas

1. Mempelajari Sejarah dan Budaya

Terdapat banyak sekali ragam aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan ketika berada di Museum Kandil ini. Salah satunya tentu saja yaitu untuk mempelajari sejarah dan budaya dari nusantara pada umumnya dan sejarah Riau pada khususnya. Anda yang sangat gemar sekali mengetahui sejarah-sejarah masa lalu, maka sangat cocok untuk berkunjung ke tempat ini.

Banyaknya koleksi peralatan yang sudah memiliki usia puluhan hingga ratusan tahun, tentu akan membuat Anda takjub. Masing-masing dari koleksi peralatan tersebut tentu menyimpan cerita dari masa lalu. Hal itu tentu akan menambah pengetahuan bagi Anda. Jangan lupa untuk mengajak keluarga, teman ataupun sahabat ketika hendak berkunjung ke Museum Kandil Kemilau Emas.

Terlebih lagi bagi Anda yang sudah memiliki seorang anak, maka sangat cocok ketika mengajak mereka untuk singgah menikmati peninggalan-peninggalan masa lalu dari Riau. Berlibur ke tempat ini bisa sekaligus menambah khazanah ilmu bagi anak Anda.

2. Berburu Foto Menarik

Aktivitas berikutnya yang juga tidak boleh untuk Anda lewatkan yaitu berburu foto-foto menarik. Dengan banyaknya koleksi barang-barang antik tentu Anda bisa menciptakan foto yang menarik dan juga Instagramable.

Selain itu juga arsitektur bangunan yang begitu unik juga tidak boleh Anda lewatkan. Berfoto dengan rumah adat yang khas tentu sangat jarang sekali dilakukan oleh orang lain di luaran sana. Karena itu, dengan Anda berkunjung ke museum ini tentunya Anda akan memperoleh foto yang unik dan tidak semua orang pernah melakukannya.

3. Refreshing

Setelah Anda menyusuri museum dan mengamati setiap benda-benda pusaka peninggalan zaman dahulu yang sangatlah bersejarah, maka aktivitas berikutnya yang bisa dilakukan yaitu bersantai. Area tempat dibangunnya museum memang memiliki nuansa yang masih begitu asri. Ketika Anda berada di sana, Anda bisa melihat pemandangan alam yang masih natural.

Hawa segar tentu akan menyambut Anda beserta dengan keluarga yang berkunjung. Hal tersebut sangat cocok jika digunakan sebagai tempat bagi Anda menghabiskan waktu untuk bersantai. Terlebih bagi Anda yang berasal dari wilayah perkotaan, tentunya akan sangat merasa rilex ketika berada di sini.

Objek Wisata Dekat Museum Kandil Kemilau Emas

Objek Wisata Dekat Museum Kandil Kemilau Emas
Image Credit: Google Maps Rajha Hari

1. Wisata Riau Fantasi

Anda yang berkunjung ke Museum Kandil Kemilau Emas maka bisa singgah ke tempat wisata terdekat yang ada di sana. Wisata terdekat tersebut yaitu Riau Fantasi. Taman Air Riau Fantasi ini berada sekitar 45 menit Jika Anda berangkat dari pusat Kota. Di tempat tersebut akan ada banyak sekali wahana air yang bisa Anda nikmati bersama dengan keluarga.

2. Wisata Candi Muara Takus

Tempat wisata yang satu ini juga menyimpan sejarah masa lalu, yaitu Candi Muara Takus. Tentunya Anda sudah sering kali melihat keterangan ataupun foto dari candi ini ketika masih di bangku sekolah dulu. Ketika berkunjung ke Riau, maka Anda bisa menyaksikan secara langsung Candi Muara Takus tersebut. Tentunya tempat wisata yang satu ini sangat direkomendasikan bagi Anda pecinta sejarah.

3. Wisata Danau Raja

Lokasi wisata terdekat selanjutnya yang juga tidak boleh dilewatkan yaitu wisata Danau Raja. Tempat wisata ini sangat terkenal dan juga dikelilingi oleh pohon yang begitu rindang. Hal tersebut tentu akan membuat Anda bisa rileks. Selain itu di tempat wisata ini juga Anda bisa menyaksikan pemandangan matahari terbenam yang begitu menakjubkan.

Itulah tadi ulasan lengkap mengenai Museum Kandil Kemilau Emas yang perlu untuk Anda ketahui. Berkunjung ke Riau tentu tidak akan lengkap rasanya jika Anda tidak menyempatkan waktu untuk singgah di Museum Kandil ini. Berada di tempat wisata tersebut akan banyak sekali keseruan yang bisa Anda dapatkan nantinya.