Museum Jamin Ginting – Sejarah, Daya Tarik, Tiket & Ragam Aktivitas

Museum Jamin Ginting – Sejarah, Daya Tarik, Tiket & Ragam Aktivitas
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Suka, Kec. Tigapanah, Kab. Karo, Sumatera Utara.

Museum Pahlawan Nasional Jamin Ginting biasanya disebut dengan nama Museum Jamin Ginting saja, merupakan sebuah museum bersejarah yang berada di Karo. Museum ini diresmikan pada 17 September 2013 oleh Purnomo Yusgiantoro yang merupakan Menteri Pertahanan Indonesia. Saat ini museum ini menjadi salah satu destinasi yang banyak dikunjungi.

Museum ini sangat unik karena bangunannya berbentuk seperti kacang tanah. Bentuk kacang tanah ini memiliki makna pelindung yang senantiasa menjaga dari terik matahari dan hujan yang deras. Gedung museum yang memiliki dua lantai ini berada di tengah ladang pertanian yang luas sehingga tampak hijau dan segar.

Sampai saat ini bangunan museum belum pernah direnovasi karena bentuk bangunan yang unik tersebut merupakan salah satu daya tarik dari Museum Jamin Ginting. Pengelola hanya menambah fasilitas-fasilitas agar pengunjung lebih nyaman untuk mengunjungi museum yang penuh dengan koleksi sejarah dan budaya ini.

Sejarah Museum Jamin Ginting

Sejarah Museum Jamin Ginting
Image Credit: Google Maps Isna Nugraha Putra Saragih

Museum Pahlawan Nasional Jamin Ginting merupakan museum bersejarah yang dibangun sebagai bentuk penghormatan terhadap pahlawan nasional yaitu Jamin Ginting. Bentuk penghargaan ini diberikan atas jasa beliau memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dari penjajahan Jepang dan juga agresi Belanda I dan II.

Jamin Ginting sendiri lahir pada 12 Januari 1921 di Desa Suka, Kabupaten Karo dan meninggal tanggal 23 Oktober 1974 di Ottawa dalam tugas sebagai Dubes Republik Indonesia untuk Kanada. Jamin Ginting kemudian dimakamkan di Jakarta. Pada 7 November 2014 lalu, dia dianugerahi gelar sebagai Pahlawan Nasional Indonesia oleh Joko Widodo sebagai Presiden Indonesia.

Pembangunan museum ini telah diinisiasi sejak lama oleh salah satu anak dari Jamin Ginting. Pembangunan museum bertujuan untuk memamerkan barang-barang bersejarah milik orang tuanya. Setelah dibuka oleh umum, museum ini dikelola oleh pihak keluarga. Sedangkan petugas dan pemandu museum merupakan karyawan yang telah direkrut manajemen.

Koleksi Museum Jamin Ginting

Koleksi Museum Jamin Ginting
Image Credit: Google Maps Geeta Birink

Museum Pahlawan Nasional Jamin Ginting memiliki dua lantai. Setiap lantainya memiliki koleksi yang berbeda. Selain itu, ada juga beberapa spot yang dapat dikunjungi oleh pengunjung di luar gedung utama. Di spot tersebut juga berisi beberapa koleksi yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Berikut koleksi-koleksi museum yang ada di Karo ini.

1. Koleksi di Luar Gedung Utama

Sebelum memasuki gedung utama, pengunjung juga dapat berkeliling untuk melihat-lihat koleksi yang ada di luar gedung utama. Beberapa koleksi seperti pakaian adat dan juga miniatur rumah adat masyarakat Karo. Pengunjung juga dapat berfoto dengan tarif tertentu. Selain itu di luar gedung utama ini juga dijajakan makanan-makanan khas Karo yang dapat dicoba oleh pengunjung.

2. Koleksi di Lantai Pertama

Selain sebagai tempat reservasi, lantai pertama museum berisi tentang beragam peninggalan-peninggalan dari budaya khas etnik Karo. Ada peralatan tempo dulu seperti alat-alat bercocok tanam, perhiasan lama, pakaian adat dan banyak lagi yang lainnya.

Alat-alat yang cukup besar dibiarkan terbuka, misalnya saja tungku kayu bakar. Sementara koleksi barang yang berharga seperti senjata tradisional dari beberapa daerah Sumatra diletakkan pada lemari kaca yang tembus pandang. Dengan lemari kaca tersebut, koleksi dapat terjaga dengan baik dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab.

3. Koleksi di Lantai Kedua

Pengunjung dapat menaiki lantai dua dengan tangga yang diterangi lampu juga ada jendela kaca yang sangat besar sehingga matahari dapat masuk. Museum ini menjadi lebih ramah lingkungan jika dibandingkan dengan museum yang ada di Medan yang konsepnya berupa indoor.

Jika lantai pertama berisi banyak benda-benda khas budaya Karo, lantai kedua berisi koleksi barang pribadi dari Jamin Ginting. Selain itu juga banyak potret-potret lama, rak-rak buku yang boleh dibaca pengunjung di ruangan, juga banyak lagi barang-barang yang lainnya.

Alamat dan Rute Lokasi

Alamat Museum Jamin Ginting
Image Credit: Google Maps Lil Ginting

Museum Jamin Ginting berada di Karo, Sumatra Utara. Sayangnya masih belum ada kendaraan publik yang menuju ke sana. Pengunjung dapat merental kendaraan atau menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat.

Rute untuk menuju ke sana tidak terlalu susah, hanya tinggal menuju Brastagi. Sesampainya, perjalanan dilanjutkan ke arah Kabanjahe. Hanya kurang lebih 20 menit saja untuk sampai ke lokasi. Akses jalan juga baik dan cukup lenggang sehingga perjalanan akan lebih cepat.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Museum Jamin Ginting
Image Credit: Google Maps Robin Lase

Museum Pahlawan Nasional Jamin Ginting merupakan salah satu alternatif liburan keluarga yang murah meriah. Jika dibandingkan dengan destinasi wisata yang lain, museum ini tidak hanya menarik dikunjungi dan memberikan wawasan baru, namun juga dapat menghemat budget karena tidak perlu merogoh kantong yang dalam.

Harga tiket masuk hanya sebesar Rp 5.000 saja per orang. Tiket tidak boleh dibuang karena nantinya akan diminta kembali sebagai bukti. Museum ini sendiri buka setiap harinya. Jam operasional mulai dari pukul 09.00 hingga 18.00. Sayangnya, pengunjung museum ini relatif sepi. Biasanya pengunjung hanya dari kalangan pelajar dan akademisi saja.

Kegiatan Menarik Dilakukan

Kegiatan Menarik Museum Jamin Ginting
Image Credit: Google Maps Arman Arman

Berwisata bisa juga sembari belajar tentang hal-hal baru. Selain liburan yang menyenangkan, datang ke museum merupakan tempat untuk mengingat sejarah yang pernah terjadi pada masa lalu. Museum Pahlawan Nasional Jamin Ginting merupakan salah satu tempat wisata sejarah yang dapat menjadi pilihan liburan. Di museum ini ada beberapa kegiatan menarik yang dapat dilakukan.

1. Mengenal Pahlawan Jamin Ginting

Mungkin tidak banyak yang mengenal sosok Jamin Ginting sebagai pahlawan Indonesia. Padahal beliau sangat berjasa untuk Indonesia. Bahkan dalam surat penganugerahan gelar Pahlawan Indonesia kepada Jamin Ginting yang disahkan pada 6 November 2016 juga menyatakan bahwa ia juga turut berjasa dalam penumpasan gerakan Darul Islam.

Museum ini bertujuan untuk mengenalkan masyarakat Indonesia kepada sosok pahlawan nasional, Jamin Ginting. Tidak hanya melihat barang-barang bersejarah milik beliau saja, pengunjung juga dapat melihat patung beliau di depan museum dengan ukuran yang besar dengan taman bunga berwarna-warni sehingga pemandangan tampak lebih indah.

2. Belajar Tentang Sejarah

Berlibur di museum sudah tentu secara tidak langsung juga belajar tentang sejarah. Di dalam museum ini tersimpan banyak koleksi dari barang-barang bersejarah miliki Jamin Ginting. Barang-barang ini akan menambah pengetahuan para pengunjung, selain lebih mengenal sosok pahlawan juga untuk belajar sejarah di masa lalu.

Uniknya, di museum bersejarah ini telah disediakan tanda panah yang mengarah kepada perjalanan hidup dari Jamin Ginting. Terdapat juga keterangan-keterangan di bawah barang koleksi. Dengan demikian, pengunjung akan lebih mudah untuk mendapatkan informasi secara runtut dan lengkap.

Kegiatan Menarik di Museum Jamin Ginting
Image Credit: Google Maps PRIMSYAH BARUS

3. Belajar Tentang Budaya

Tidak hanya belajar mengenai sejarah perjalanan hidup dari sosok pahlawan Jamin Ginting saja, pengunjung juga dapat belajar tentang kebudayaan Karo jika berlibur ke museum ini. Karena selain koleksi berupa barang pribadi milik Jamin Ginting, museum ini juga memiliki berbagai koleksi barang-barang tradisional masyarakat Karo.

Dengan berbagai koleksi barang tradisional ini, pengunjung dapat melihat kekayaan budaya Indonesia, terutama masyarakat Karo. Pengunjung dapat melihat pakaian adat, juga rumah adat khas Karo, bahkan ada juga makanan khas masyarakat Karo.

4. Berfoto

Mengabadikan momen tentu menjadi salah satu kegiatan yang tidak boleh terlewatkan. Ada banyak benda-benda menarik yang dapat dijadikan spot untuk berfoto. Bahkan sudah tersedia juga spot untuk mengambil foto di luar gedung utama. Di spot foto ini, pengunjung dapat mengambil foto dan membayar seharga banyak foto yang diambil.

Objek Wisata Terdekat dari Museum Jamin Ginting

Objek Wisata Terdekat dari Museum Jamin Ginting
Image Credit: Google Maps Pemandian Air Panas Pariban

Ada beberapa objek wisata yang berada tidak jauh dari Museum Pahlawan Nasional Jamin Ginting sehingga pengunjung dapat berwisata ke objek wisata lain setelah berkeliling museum. Berikut beberapa destinasi wisata yang dapat dikunjungi.

1. Pemandian Alam Pariban

Pemandian Alam Pariban merupakan wisata alam yang dapat dikunjungi sebagai destinasi liburan. Ada beberapa kolam yang dapat dinikmati oleh pengunjung yaitu kolam air panas dan kolam air dingin yang juga disertai dengan waterboom. Pemandian ini juga dikelilingi dengan pepohonan di sekitarnya sehingga terasa sejuk dan segar.

2. Monumen Halilintar

Monumen Halilintar merupakan monumen yang menjadi saksi sejarah perjuangan Resimen Halilintar terhadap penjajahan di Medan Area dan juga Karo Area. Monumen ini juga terdapat ukiran-ukiran kemerdekaan Indonesia di mana pejuang mengibarkan bendera merah putih sebagai bentuk melepaskan diri dari penjajahan Belanda dan Jepang.

3. Lingga Cultural Village

Seperti namanya, destinasi wisata ini menyajikan sebuah desa wisata dengan bangunan tradisional khas Karo. Ada empat bangunan yaitu Rumah Gerga, Sapo Ganjang. Belang Ayo, dan juga Griten. Masih sangat tradisional, destinasi wisata ini sangat cocok bagi para pengunjung yang memang menyukai tempat-tempat yang klasik dan budaya yang kental.

Museum Jamin Ginting menjadi salah satu museum yang dapat dijadikan sebagai alternatif liburan yang menyenangkan dan juga menambah wawasan. Sayangnya, museum ini masih belum banyak dikunjungi oleh banyak wisatawan. Padahal museum ini dapat menjadi destinasi murah meriah untuk mengenal sejarah dan budaya dengan cara yang menyenangkan.