Museum Batak TB Silalahi Center – Sejarah, Koleksi, Tiket & Ragam Aktivitas

Museum Batak TB Silalahi Center – Sejarah, Koleksi, Tiket & Ragam Aktivitas
Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Dr. TB. Silalahi No.88, Silalahi Pagar Batu, Kec. Balige, Kab. Toba Samosir, Sumatera Utara.

Destinasi Museum Batak TB Silalahi Center menjadi salah satu tempat bersejarah di Sumatera Utara. Desainnya yang unik menggambarkan ciri khas suku Batak. Di dalamnya terdapat panel-panel yang bertuliskan kisah perjuangan Jenderal TB Silalahi. Perjalanan hidup yang tidak mudah menjadikannya ingin membangun museum ini.

Pada pintu depan, traveller akan disambut oleh patung Jendral Silalahi yang didampingi patung singa. Terdapat 2 bagian di dalamnya yaitu museum batak balige serta gedung utama koleksi pribadi Jenderal. Bangunan museum Silalahi bergaya modern dengan sentuhan adat Batak pada tiap ukirannya. Hal itulah yang jarang ditemui di wisata sejarah lain.

Pada awalnya destinasi tersebut hanya memiliki benda koleksi yang sangat minim. Namun seiring perkembangan waktu, banyak bangunan dan miniatur melengkapi museum. Berbagai koleksi antik tersebut diletakkan di dalam rak kaca agar tidak rusak.

Sejarah Museum Batak TB Silalahi

Sejarah Museum Batak TB Silalahi
Image Credit: Google Maps Evi Marisha Simbolon

Tempat wisata ini didirikan 7 Agustus 2006 oleh Letjen TNI Dr. Tiopan Bernhard Silalahi. Tujuannya untuk melestarikan budaya Batak dan memotivasi anak muda dengan melihat jejak pengalaman Silalahi. Museum Batak TB Silalahi Center diresmikan pada 17 April 2008 oleh pemerintah setempat dan dijadikan sebagai salah satu tempat bersejarah.

Konon katanya museum ini menceritakan kisah Jendral Silalahi yang sering kali ditempa berbagai tantangan hidup. Awal mula didirikannya karena Jendral Silalahi berkeinginan untuk memberikan pesan kepada masyarakat melalui jejaknya. Di dalamnya terdapat penjelasan lengkap mulai dari nama lengkap Jendral, tanggal lahir, hingga karirnya.

Dahulu TB Silalahi ini menghabiskan masa kecilnya sebagai anak penggembala kerbau, namun dengan semangat dan kerja kerasnya bisa menjadikannya seorang militer. Awal karirnya dimulai dari Akademi Militer Nasional sampai akhirnya menjadi Jendral berbintang tiga. Kisah menginspirasi inilah yang harus dijadikan sebagai tauladan oleh generasi muda dalam meraih cita-citanya.

Koleksi Museum TB Silalahi

Koleksi Museum TB Silalahi
Image Credit: Google Maps Fandy Huang

1. Benda Pribadi Milik TB Silalahi

Museum Silalahi memiliki berbagai koleksi unik yang bisa dilihat oleh wisatawan. Salah satunya benda pribadi milik Jendral Tiopan yang memang sengaja diabadikan. Mulai dari pakaian dinas, tanda kehormatan, pangkat ketika di kemiliteran, dan beberapa ijazah sekolahnya. Semua benda tersebut tertata rapi di dalam sebuah rak kaca.

Pada area luar terdapat mobil dinas yang pernah dipakainya sewaktu menjadi TNI AD. Sepeda motor dan sepeda ontel pun terlihat melengkapi koleksi museum ini dengan ciri khas yang klasik. Para traveller hanya boleh melihatnya dan tidak boleh menyentuhnya karena sudah diberi garis pembatas. Hal ini dilakukan agar benda koleksi tersebut tidak rusak dan tetap bersih.

2. Koleksi adat Batak

Sesuai dengan tujuan didirikannya, museum batak ini mempunyai beragam adat khas Batak. Terdapat area rumah Batak, pakaian adat, senjata, dan aksara Batak. Semua itu dilindungi di dalam museum ini agar kekayaan adat Batak tidak terlupakan seiring perkembangan zaman.

Para pelancong juga bisa mempelajarinya dengan membaca penjelasan yang sudah tertulis di setiap miniatur. Biasanya orang yang datang banyak yang mengabadikan melalui potret foto. Pemerintah setempat mengharapkan koleksi adat Batak ini bisa terus ditambah agar semakin banyak dan lengkap.

3. Berbagai Patung

Pada tiap sudut museum Anda akan terkesima dengan beragam patung yang unik. Mulai dari patung yang menyerupai Jenderal TB Silalahi, patung Sisingamangaraja XII, dan patung 6 puak Batak. Semuanya telah dilengkapi dengan baju serta aksesoris yang menggambarkan ciri khas tiap patung. Wisatawan bisa membaca informasi asal mula dan sejarahnya karena sudah tertulis lengkap.

Koleksi ini dilindungi dengan kaca agar tidak rusak. Pada sisi luar akan terlihat patung anak penggembala dan kerbau yang menggambarkan kisah Jendral Tiopan sebelum menjadi seorang militer. Di sebelah kanan nampak tank yang mencerminkan kendaraan saat perang. Semua koleksi tersebut tentunya dirawat secara berkala oleh petugas pengelola.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Lokasi Museum Batak Silalahi
Image Credit: Google Maps Jay Idoan Sihotang

Museum Batak TB Silalahi Center terletak di Jalan DR TB Silalahi no 88, Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara. Jika pengunjung berangkat dari Bandara Silangit maka membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk bisa sampai ke museum. Tersedia pula transportasi umum seperti angkutan, bus, maupun ojek bagi wisatawan dari luar kota yang tidak membawa kendaraan.

Letaknya yang strategis membuat destinasi ini banyak dijadikan sebagai wisata keluarga. Anda yang baru pertama kali datang tidak perlu takut tersasar karena sudah disediakan papan penunjuk jalan. Lokasinya juga mudah diakses di google maps atau bisa menanyakan langsung kepada warga sekitar.

Jika sudah sampai di kawasan Danau Toba, maka sudah dekat untuk menuju museum Silalahi. Tepat di sebelahnya akan ada kantor bupati Toba, sekolah negeri, dan makam Sisingamangaraja XII. Di sepanjang perjalanan traveller bisa melihat pemandangan setiap sudut kota. Saat hari libur akan terlihat banyak kendaraan memadati rute menuju museum dan sering menimbulkan kemacetan.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Museum Batak Silalahi
Image Credit: Twitter innath ™ • FULLY VACCINATED

Tarif tiket masuk Museum Batak TB Silalahi Center sangat ramah di kantong, hanya Rp 5.000 untuk anak-anak dan Rp 10.000 untuk dewasa. Harga tersebut berlaku untuk hari biasa dan hari libur. Akan tetapi harga ini bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu. Maka dari itu pengunjung diharapkan konfirmasi terlebih dahulu kepada petugas sebelum berlibur.

Museum Silalahi buka mulai dari jam 8 pagi hingga 6 sore. Biasanya wisatawan dari luar negeri akan dikenai tarif tiket tersendiri. Harganya sebesar Rp 50.000 per orang untuk dewasa. Biaya-biaya itulah yang nantinya akan digunakan untuk perawatan benda yang ada di dalam museum.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan Pengunjung

Aktivitas Menarik Museum Batak Silalahi
Image Credit: Google Maps Maul

1. Mengunjungi Huta Batak

Kawasan ini dilengkapi dengan beragam rumah adat Batak yang memiliki konsep seperti perkampungan. Uniknya lagi bangunannya sudah berumur ratusan tahun dan masih terlihat begitu kokoh. Di dalamnya terdapat 3 buah sopo berdinding dan 1 sopo partungkoan. Pohon beringin dan pohon hariara juga terlihat melengkapi huta batak.

2. Melihat Atraksi Budaya

Saat hari tertentu akan ada masyarakat Batak yang menampilkan berbagai atraksi. Salah satunya pertunjukan tari tor-tor yang diiringi dengan musik gondang Batak. Tarian ini biasanya dilakukan untuk menyambut tamu yang datang ke Huta Batak. Kebanyakan anggota tarinya berasal dari karyawan museum Silalahi yang memakai baju adat dan aksesoris khas.

3. Mempelajari Sejarah

Terbentuknya Museum Batak TB Silalahi Center memang menyimpan cerita tersendiri. Jejak kehidupan Jendral Tiopan Silalahi diharapkan mampu memberikan motivasi kepada masyarakat. Berbagai informasi yang ada bisa dipelajari untuk menambah wawasan. Tidak heran jika tempat ini dijadikan sebagai wisata edukasi keluarga.

4. Mengabadikan Momen

Para traveller yang berlibur ke museum batak ini bisa mengabadikan momen melalui potret foto maupun video. Ada berbagai spot yang menarik yaitu koleksi miniatur, rumah adat, kendaraan klasik, dan masih banyak lagi. Saat hari libur akan nampak banyak orang yang bergantian untuk berfoto di tiap sudut museum. Ajak keluarga atau kerabat agar kegiatan ini semakin menyenangkan.

5. Menjelajahi Museum

Bangunan Museum Batak TB Silalahi Center yang begitu luas sangat cocok untuk dijelajahi. Tamu yang datang dapat berjalan kaki untuk mengelilingi museum karena tiap sudutnya akan ada koleksi yang berbeda-beda. Akan ada pula petugas yang menjelaskan sejarah museum secara lengkap.

Objek Wisata Terdekat dari Museum TB Silalahi

Objek Wisata Terdekat dari Museum TB Silalahi
Image Credit: Google Maps ikra alwi

1. Danau Toba

Lokasi danau toba yang tidak jauh dari museum silalahi, membuatnya banyak didatangi wisatawan. Airnya memiliki kedalaman 505 meter dengan ketinggian 900 meter di atas permukaan laut. Danau yang berwarna biru dikelilingi bukit sangat sejuk dilihat mata. Pengunjung bisa bersantai dengan menikmati angin yang semilir karena kawasannya sangat asri.

2. Bukit Holbung Samosir

Traveller yang dari arah Museum Batak TB Silalahi Center membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk menuju bukit holbung. Letaknya bisa dibilang masih satu kawasan dengan danau toba. Wisata ini sangat cocok untuk sekedar melepas penat. Disana Anda juga bisa berfoto dengan background bukit hijau.

3. Menara Pandang Tele

Destinasi ini menjadi salah satu bangunan tertinggi di Samosir. Para pelancong dapat melihat danau toba bahkan museum silalahi dari atas balkon yang telah disediakan. Sementara ketika berada di lantai 4, Anda akan disuguhi pemandangan yang tampak dari kaca. Namun, harus tetap berhati-hati saat berada di kawasan ini.

4. Batikta

Tempat ini bisa dibilang pusat oleh-oleh setelah Anda berlibur ke Museum TB Silalahi. Jaraknya dekat sekali dengan museum bahkan wisatawan bisa berjalan kaki. Di dalamnya menjual beraneka macam batik khas Sumatera mulai dari baju, aksesoris, dan souvenir. Harga yang dibrandol sangat ramah dikantong dan kualitasnya dijamin bagus.

Nah, demikian ulasan mengenai Museum Batak TB Silalahi Center yang dapat Anda jadikan list wisata ketika ke Sumatra Utara. Siapkan budget yang cukup dan jangan lupa membawa kamera agar liburan Anda terasa menyenangkan. Selain itu, Anda juga diharapkan tidak merusak benda di dalam museum agar keberadaannya bisa tetap dilestarikan.