Monumen Perjuangan Rakyat Palembang – Sejarah, Daya Tarik, Lokasi & Ragam Aktivitas

Monumen Perjuangan Rakyat Palembang – Sejarah, Daya Tarik, Lokasi & Ragam Aktivitas
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ilir, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Indonesia memang terkenal memiliki banyak sekali tempat wisata menarik yang patut untuk dikunjungi. Wisata-wisata tersebut tidak hanya sebatas wisata alam saja, melainkan juga wisata sejarah yang bisa mengajarkan banyak hal pada para pengunjungnya.

Salah satu destinasi yang patut untuk Anda kunjungi di wilayah Sumatera Selatan yaitu Monpera Palembang, singkatan dari monumen perjuangan rakyat Palembang. Di tempat ini tentunya Anda akan memperoleh pengalaman baru yang tidak bisa didapat dari tempat wisata lainnya.

Monumen itu sendiri berada di sebelah masjid Agung Palembang yang merupakan salah satu masjid cukup terkenal di kota tersebut. Bagi Anda yang tertarik untuk mengetahui lebih jauh mengenai Monpera tersebut, maka berikut ini adalah sejarah, daya tarik, harga tiket dan lain sebagainya terkait Monumen Perjuangan Rakyat.

Sejarah Monumen Perjuangan Rakyat

Sejarah Monumen Perjuangan Rakyat
Image Credit: Google Maps Eka Mahessa

Monumen ini adalah salah satu objek wisata yang sangatlah bersejarah di Kota Palembang. Monumen ini berada di Jalan Merdeka dan berada di samping masjid Agung. Di kalangan masyarakat setempat sendiri monumen tersebut sangatlah populer dan memiliki arti yang begitu penting.

Sebab selain memiliki arsitektur yang begitu bagus, monumen ini juga telah menjadi sejarah masa lalu, yaitu perang yang pernah terjadi selama 5 hari 5 malam. Monpera ini diresmikan oleh Menko Kesra pada tanggal 23 Februari tahun 1988 silam.

Sejak saat monumen tersebut diresmikan dan dibuka untuk umum, banyak sekali orang yang berbondong-bondong untuk datang dan ingin mengetahui sejarah dari tempat tersebut.

Daya Tarik Monpera Palembang

Daya Tarik Monpera Palembang
Image Credit: Google Maps Muhammad A Alfarisi

1. Arsitektur Bangunan yang Menarik

Monpera Palembang memiliki daya tarik yang membuat banyak wisatawan tertarik untuk berkunjung ke tempat ini. Di tengah-tengah monumen tersebut, Anda bisa menemukan adanya icon burung garuda besar yang berdiri gagah dan terlihat begitu indah. Monpera merupakan salah satu simbol dari kota yang terletak di hilir Sungai Musi.

Arsitektur dari bangunan monumen perjuangan rakyat ini memang sangatlah unik dan menarik untuk disaksikan. Di Menpora Anda juga bisa akan menemukan banyak sekali dokumentasi yang sangat lengkap dan bisa disaksikan di sana. Di bagian depan dari monumen, Anda juga bisa mendapati penjelasan mengenai maksud dari dibangunnya monumen tersebut.

Dengan begitu para wisatawan, utamanya para generasi muda, akan tetap mengenang jasa-jasa dari para pahlawan yang dulunya pernah berjuang untuk kemerdekaan Negara Indonesia khususnya di Kota Palembang. Saat Anda mulai memasuki area gerbang Monpera Palembang, maka Anda akan menemukan bangunan melati yang memiliki 5 buah kelopak.

Bangunan melati dengan 5 buah kelopak itu memiliki simbol perjuangan rakyat Palembang yang suci. Sementara untuk arsitektur dari monumen perjuangan rakyat itu sendiri memiliki simbol sejarah yang begitu kental. Tinggi dinding monumen mencapai 17 meter, yang mana disini merupakan simbol hari atau tanggal kemerdekaan Indonesia.

Sedangkan untuk jalur monumen sendiri, di Monpera ini terdapat sebanyak 8 buah, yang mana mengartikan bulan kemerdekaan, yaitu bulan Agustus. Untuk tahun kemerdekaan diwakili dengan 5 buah tiang di monumen sebelah belakang serta 9 jalur.

Monpera Palembang tersebut juga diapit oleh dua buah relief yang menggambarkan sebuah pertempuran yang terjadi selama 5 hari 5 malam serta perjuangan sebelum kemerdekaan Indonesia.

Dengan adanya letak yang cukup strategis tersebut, selain dijadikan sebagai objek wisata untuk mengenang kembali perjuangan para pahlawan, para pengunjung nantinya juga dapat menjadikan Monpera tersebut sebagai perhentian sementara atau rest area.

Sebelum akhirnya meneruskan perjalanan berkeliling Palembang. Pelatarannya sendiri yang dilindungi oleh monumen dengan ukuran cukup tinggi serta dinding tebal bisa dijadikan sebagai tempat untuk berteduh saat siang hari.

2. Ruang Koleksi

Monumen Perjuangan Rakyat Palembang memiliki ruangan-ruangan khusus yang merupakan ruang koleksi yang bisa disaksikan oleh para pengunjung. Disana nantinya Anda akan menemukan ruang diorama yang mana merupakan sebuah ruangan menggambarkan tentang cerita yang pernah terjadi di masa penjajahan.

Di ruangan tersebutlah nantinya Anda bisa melihat mengenai perjuangan para pahlawan. Selain itu Anda juga bisa menemukan sebuah ruangan foto yang menampilkan foto-foto dari kota Palembang. Foto-foto tersebut merupakan kondisi ketika kota Palembang masih di zaman dahulu.

Terdapat juga ruangan yang merupakan tempat untuk memamerkan barang-barang bersejarah. Benda-benda tersebut adalah peninggalan dari para pahlawan kemerdekaan. Anda bisa melihat aneka macam senjata, seragam dan peralatan perang yang dilakukan pada masa itu.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Monumen Perjuangan Rakyat Palembang
Image Credit: Google Maps Evan Dewangga

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwasannya monumen perjuangan rakyat tersebut berada di Kota Palembang, provinsi Sumatera Selatan. Tempatnya sendiri yaitu berada di Jalan merdeka nomor 1. Untuk menemukan lokasi Monpera bukanlah hal yang sulit, karena di pinggiran jalan Anda akan menemukan petunjuk arah untuk bisa menuju tempat ini.

Namun, jika Anda masih merasa kesusahan, maka Anda bisa menggunakan bantuan dari Google maps. Dengan begitu nantinya akan lebih memudahkan Anda untuk bisa menemukan arah menuju lokasi Monpera ini.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Monpera Palembang
Image Credit: Google Maps Evan Dewangga

Seperti umumnya tempat wisata lain, harga tiket untuk bisa masuk ke monumen perjuangan rakyat tentunya berbeda pada hari biasa dengan hari libur. Saat Anda datang ke tempat tersebut ketika hari libur, maka besar tiket yang harus Anda bayar yaitu Rp 5.000.

Sementara untuk hari-hari biasa harga tiketnya sendiri tentu akan lebih murah dari harga tersebut. Saat Anda berencana untuk mendatangi tempat ini bersama dengan keluarga, maka pastikan Anda telah mengetahui jam buka dan jam tutup dari monumen tersebut. Monumen itu sendiri dibuka pada pukul 8 pagi dan akan ditutup ketika sudah menjelang pukul 4 sore.

Kagiatan yang Menarik Dilakukan Pengunjung

Kegiatan Menarik Monpera Palembang
Image Credit: Google Maps Elite chanel

1. Sejarah

Dengan Anda mengunjungi Monumen Perjuangan Rakyat ini, nantinya akan ada banyak sekali ilmu yang bisa didapat. Ilmu tersebut yaitu mengenai sejarah kota Palembang.

Di sanalah Anda akan mengetahui tentang perjalanan panjang para pahlawan melawan penjajah. Berkunjung bersama dengan anak Anda tentu merupakan hal yang tepat, karena bisa mengajarkan mereka mengenai pengetahuan tersebut.

2. Bersantai

Ada banyak ragam aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan ketika berada di monumen perjuangan rakyat Palembang ini. Salah satu aktivitas tersebut yaitu bersantai sambil lalu menikmati suasana sekitar monumen yang begitu terasa nyaman. Agar nantinya Anda memperoleh suasana yang begitu segar, maka sebaiknya Anda datang ke monumen tersebut pada waktu sore hari.

Karena memang pada saat tersebut cuaca tidak panas dan angin tentu akan membuat Anda merasa begitu segar. Dengan begitu Anda beserta dengan keluarga akan merasa betah berlama-lama ketika berlibur ke Monpera Palembang.

Kegiatan Menarik di Monpera Palembang
Image Credit: Google Maps amronrod

3. Berburu Foto

Berlibur tentunya tidak akan lengkap jika Anda tidak melakukan aktivitas berburu foto. Di monumen perjuangan ini nyatanya Anda juga bisa berburu foto-foto menarik. Banyak wisatawan yang memang sengaja datang ke tempat tersebut hanya untuk mencari spot foto menarik yang bisa mereka dapatkan.

Relief yang menceritakan perjuangan rakyat Palembang merupakan salah satu spot yang bisa Anda manfaatkan. Selain itu koleksi-koleksi senjata menarik tentu juga tidak boleh dilewatkan. Karena itu, pastikan ponsel Anda terisi baterai yang cukup, sehingga bisa dimanfaatkan untuk mengabadikan gambar ketika berada di monumen Palembang ini.

4. Menikmati Kuliner

Saat Anda sudah puas mengelilingi area Monumen Perjuangan Rakyat, maka aktivitas berikutnya yang harus dilakukan yaitu menikmati kuliner khas Palembang yang memang terkenal sangat lezat.

Di sekitaran monumen Anda bisa menemukan banyak sekali warung-warung dan tempat makan yang menawarkan aneka makanan khas Kota Palembang. Bagi Anda yang sangat mencintai kuliner, maka hal tersebut tidak boleh untuk dilewatkan.

Objek Wisata Terdekat dari Monpera Palembang

Objek Wisata Terdekat dari Monpera Palembang
Image Credit: Google Maps MHW27 Project

1. Air Terjun Lematang Indah

Rekomendasi wisata terdekat yang bisa Anda kunjungi yaitu Air terjun Lematang Indah. Air terjun yang satu ini memiliki tinggi mencapai 40 meter. Hal yang cukup istimewa dari air terjun tersebut yaitu nantinya Anda bisa mengunjungi tanpa harus berbasah-basahan, yaitu dengan menikmati dari atas. Di bagian atas air terjun ini Anda bisa duduk santai sambil melihat pemandangan.

2. Jembatan Ampera

Tempat populer selanjutnya yang ada di kota Palembang dan tidak jauh dari monumen yaitu Jembatan Ampera. Ketika Anda berminat untuk mengunjungi jembatan tersebut, maka sebaiknya datang ketika malam hari. Ketika suasana sudah mulai gelap, maka di jembatan tersebut akan dihiasi banyak sekali lampu-lampu yang menarik serta mempunyai warna beraneka ragam.

3. Benteng Kuto Besak

Tempat yang satu ini berada di tepian sungai Musi. Benteng tersebut telah ada sejak ratusan tahun dan kokoh berdiri di sana. Bagi Anda yang sangat mencintai kuliner, maka sangat disarankan untuk datang ke tempat yang satu ini.

Monumen Perjuangan Rakyat merupakan salah satu tempat yang sangatlah bersejarah di Kota Palembang. Bagi Anda yang ingin menikmati suasana baru, maka bisa berkunjung ke tempat wisata ini sekaligus menambah wawasan tentang perjuangan rakyat di kota ini.