Istano Basa Pagaruyung – Sejarah, Koleksi, Lokasi & Ragam Aktivitas

Istano Basa Pagaruyung – Sejarah, Koleksi, Lokasi & Ragam Aktivitas
Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sutan Alam Bagagarsyah, Pagaruyung, Kec. Tanjung Emas, Kab. Tanah Datar, Sumatera Barat.

Salah satu provinsi di negara Indonesia yang menawarkan destinasi wisata menarik bagi para wisatawan lokal maupun asing yaitu Sumatera Barat. Salah satu destinasi wisata cukup populer dan ramai didatangi oleh para pengunjung adalah Istana Pagaruyung. Nama lengkap dari wisata tersebut yaitu Istano Basa Pagaruyung.

Istana tersebut berada di wilayah Batusangkar yang merupakan ibukota dari Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Berkunjung ke tempat ini nantinya Anda akan disuguhkan dengan panorama alam yang begitu indah. Selain melihat pemandangan alam yang memukau tersebut, nantinya Anda juga bisa sekalian belajar mengenai sejarah.

Akan ada banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dengan memutuskan untuk berkunjung ke Istana Pagaruyung ini. Bagi Anda yang tertarik, berikut akan diulas lebih lengkap mengenai sejarah dari istana, koleksi yang bisa Anda temukan di sana, harga tiket dan lain sebagainya terkait Istana Pagaruyung.

Sejarah Istano Basa Pagaruyung

Sejarah Istano Basa Pagaruyung
Image Credit: Google Maps Chef Vindex Tengker

Basa Pagaruyung adalah sebuah bangunan yang merupakan kediaman dari para raja sekaligus juga di sini dijadikan sebagai tempat untuk menjalankan pemerintahan pada abad ke-19. Istana ini mulanya dibangun oleh Raja Adityawarman, yaitu pada tahun 1347. Pada tahun 1804 di istana ini pernah dibakar oleh Belanda.

Namun akhirnya istana tersebut dibangun kembali yaitu sekitar tahun 1970-an. Keberadaan istana ini bagi Kabupaten Tanah Datar adalah sebuah objek wisata yang sangatlah populer. Anda bisa menemukan banyak sekali para wisatawan yang berkunjung. Tidak hanya pada hari libur saja, tapi juga di hari-hari biasa.

Tempat wisata ini memang cukup menarik dari segi struktur bangunan. Anda akan menemukan ukiran yang merupakan falsafah budaya dan juga sejarah dari Suku Minangkabau di istana ini. Itulah yang membuat banyak wisatawan tertarik untuk mengunjungi. Selain itu ada banyak hal-hal menarik lain yang dapat disaksikan.

Tiap kali dilakukan ajang pariwisata besar, seperti contohnya Tour De Singkarak, istana yang satu ini selalu dijadikan sebagai pusat aktivitas. Acara makan bersama bagi para seluruh undangan yang hadir juga dilakukan di sebuah ruangan utama yang terdapat di salah satu lantai Istana Pagaruyung.

Selain nantinya Anda bisa menikmati sajian dari bentangan alam yang cukup indah di sekitar lokasi istana, serta melihat arsitektur dari Suku Minangkabau, nantinya Anda juga bisa melihat hal lain yang tak kalah menarik. Seperti contohnya koleksi-koleksi benda bersejarah yang merupakan peninggalan pada zaman dahulu ketika kerajaan Pagaruyung itu masih berdiri.

Daya Tarik Istano Basa Pagaruyung

Daya Tarik Istano Basa Pagaruyung
Image Credit: Google Maps aris hadiansyah

1. Struktur Bangunan yang Menarik

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwasannya Istano Basa Pagaruyung mempunyai struktur bangunan yang sangat unik dan menarik. Anda akan menemukan 72 tonggak, 11 gonjong dan 3 buah lantai.

Selain itu, di istana ini Anda akan mendapati sebuah bentuk surau, rangkiang patah sembilan serta aneka macam ukiran dari berbagai macam bentuk. Ukiran-ukiran tersebut sengaja dibuat untuk menggambarkan sejarah dan juga budaya dari Suku Minangkabau.

Istana Pagaruyung ini dulunya pernah dibakar oleh para pasukan kolonial Belanda. Anda bisa menemukan hal unik di bangunan yang dulunya pernah mengalami kebakaran hebat tersebut. Yaitu makin ke atas, maka Anda akan mendapati ruangan akan semakin mengecil.

Ketika para wisatawan memasuki Istana Pagaruyung, maka nantinya akan disambut oleh sebuah gapura dengan ukuran yang cukup besar. Gapura tersebut memiliki ukiran tulisan Istano Basa Pagaruyung. Selain itu Anda juga akan menemukan adanya maket rumah gadang yang memiliki dua tiang besar.

Fungsi dari rumah gadang itu sendiri adalah digunakan untuk tempat menyimpan bahan-bahan makanan, yaitu padi. Selain itu terdapat juga patung kerbau yang memiliki warna hitam keabu-abuan. Patung kerbau cukup unik, karena memiliki tanduk yang begitu panjang, melengkung, kokoh dan juga runcing.

Agar bisa mencapai area teras serta pintu masuk dari tempat wisata ini, Anda nantinya harus melewati tiga buah tangga yang terbuat dari batu. Tangga batu pertama akan dilewati oleh Anda ketika memasuki gapura.

Sedangkan untuk tangga yang kedua dilewati setelah adanya tempat dikhususkan untuk kotak amal. Untuk tangga yang terakhir merupakan tangga yang terbilang masih baru. Setelah nantinya 3 tangga tersebut Anda lewati, Anda akan melintasi jalan yang cukup landai.

Pintu masuk dari istana sendiri di buat dari tangga kayu. Di bagian kiri dan kanan istana Anda akan melihat lapangan rumput yang begitu indah. Untuk makin membuat pemandangan di sekitar istana terlihat cantik, maka disediakan juga umbul-umbul dengan warna yang berbeda.

2. Koleksi Benda-Benda Bersejarah

Selain memiliki arsitektur yang begitu unik dan menarik, istana yang satu ini juga dilengkapi dengan koleksi-koleksi benda peninggalan zaman kerajaan Pagaruyung. Koleksi-koleksi tersebut antara lain seperti contohnya keramik, senjata tradisional, tongkat, nisan dan lain sebagainya. Benda-benda tersebut dulunya digunakan oleh pasukan kerajaan Pagaruyung.

Daya Tarik di Istano Basa Pagaruyung
Image Credit: Google Maps Ronal Wahyu

3. Jasa Fotografer

Daya tarik berikutnya ketika Anda berkunjung ke Istana Pagaruyung ini yaitu Anda akan menemukan adanya jasa fotografer. Dengan jasa fotografer yang telah profesional tersebut Anda bisa mengabadikan momen ketika berada di Istana Pagaruyung ini.

4. Persewaan Baju Adat

Selain terdapat jasa fotografer di tempat ini juga disediakan jasa untuk Anda yang ingin menyewa baju adat. Baju adat khas Suku Minangkabau tentunya akan terlihat menarik dan pas ketika dikenakan untuk mengelilingi area Istana Pagaruyung.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket

Harga Tiket Istano Basa Pagaruyung
Image Credit: Google Maps Bhekti Lestari

Lokasi dari Istano Basa Pagaruyung ini yaitu berada di Batu sangkar, Provinsi Sumatera Barat. Jika Anda berangkat dari pusat Batusangkar, maka jarak untuk menuju ke istana tersebut yaitu kurang lebih 5 km. Anda bisa membawa kendaraan pribadi untuk menuju ke tempat ini. Mengenai rutenya sendiri bisa menggunakan bantuan dari Google maps.

Untuk harga tiketnya akan berbeda bagi pengunjung dewasa dan pengunjung anak-anak. Bagi Anda yang sudah dewasa, biaya tiket yang harus Anda bayarkan yaitu sebesar Rp 15.000. Sedangkan untuk pengunjung yang masih anak-anak, maka besar tiket yang dibayarkan lebih murah, yaitu hanya Rp 7.500 saja.

Begitu pula untuk wisatawan mancanegara, besar tiket yang akan dikenakan akan jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan wisatawan domestik. Wisatawan luar negeri harus membayar tiket sebesar Rp 25.000.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan Pengunjung

Kegiatan Menarik di Istano Basa Pagaruyung
Image Credit: Google Maps Lagizi HR

1. Keindahan Istana

Aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan ketika berada di Istano Basa Pagaruyung yaitu menjelajahi keindahan istana. Dekorasi yang terdapat di istana ini memang sangatlah memukau. Anda akan melihat warna-warna yang begitu indah. Ketika Anda hendak menjelajahi ruangan yang ada di istana tersebut, maka alas kaki harus dibuka.

Nantinya alas kaki tersebut akan dibungkus menggunakan plastik yang oleh petugas telah dipersiapkan sebelumnya. Anda perlu untuk mengisi buku tamu yang telah tersedia dan nantinya di sana terdapat petugas yang siap untuk menjaga. Istana Pagaruyung mempunyai ukuran yang sangatlah luas serta memanjang. Kesan megah bisa Anda lihat ketika berada di dalam istana.

Pernak-pernik yang terdapat di istana memang didominasi dengan warna-warna yang begitu cerah. Anda tentu tidak akan bosan ketika berada di tempat tersebut. Karena memang keindahan dari arsitektur istana akan membuat Anda terpukau. Terlebih bagi Anda yang baru pertama kali berkunjung ke Provinsi Sumatera Barat, khususnya di Istano Basa Pagaruyung ini.

2. Menikmati Koleksi Benda Sejarah

Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa Istana Pagaruyung memiliki koleksi benda bersejarah. Koleksi tersebut yaitu berupa benda-benda yang dulunya digunakan oleh pasukan istana Kerajaan Pagaruyung. Anda akan menemukan adanya senjata-senjata tradisional yang begitu menarik.

Selain bisa menikmati koleksi benda bersejarah, tentunya Anda juga bisa sekaligus memperoleh ilmu pengetahuan tambahan mengenai asal usul dari Kerajaan Pagaruyung. Berlibur sambil mempelajari sejarah merupakan hal yang sangatlah menarik untuk dilakukan.

3. Berburu Foto

Tentunya tidak sah jika berlibur tanpa harus berfoto. Di tempat ini terdapat banyak sekali spot-spot menarik yang bisa Anda jadikan sebagai latar untuk berfoto. Wajar jika Anda bisa menemukan banyak pasangan yang melakukan foto prewedding di Istana Pagaruyung. Seperti yang telah disebut di atas, bahwa tempat wisata yang satu ini juga tersedia jasa fotografer.

Jadi bagi Anda yang kebetulan tidak membawa kamera ke Istano Basa Pagaruyung ini, maka bisa menggunakan jasa fotografer tersebut. Biaya untuk menggunakan jasa mereka yaitu sebesar Rp 30.000. Anda pun juga bisa menggunakan baju adat yang harga sewanya pun sama yaitu Rp 30.000.

Objek Wisata Terdekat dari Istano Basa Pagaruyung

Objek Wisata Terdekat dari Istano Basa Pagaruyung
Image Credit: Google Maps Mahmud Ikhsan

1. Puncak Pato

Tempat wisata terdekat dengan Istano Basa Pagaruyung yaitu Puncak Pato. Destinasi wisata yang satu ini menyajikan tempat yang begitu nyaman dengan panorama sawah yang hijau serta pepohonan pinus yang begitu indah. Selain itu Anda akan menemukan hal yang sangat sejuk ketika berada di puncak pato tersebut.

2. Air Terjun Lembah Anai

Bagi para pecinta wisata air, maka bisa untuk datang berkunjung ke air terjun lembah Anai. Tempat ini terletak di Nagari Singgalang. Anda akan menemukan air terjun yang memiliki tinggi mencapai 35 meter. Terdapat setidaknya tiga buah air terjun yang menawarkan panorama begitu indah bagi para pengunjung yang datang ke sana.

3. Danau Singkarak

Rekomendasi wisata terdekat dari Istana Pagaruyung berikutnya yaitu Danau Singkarak. Danau ini berada di Batusangkar yang merupakan tempat populer bagi para wisatawan. Termasuk dalam danau terluas kedua yang ada di di Pulau Sumatera.

Itulah tadi ulasan lengkap mengenai Istano Basa Pagaruyung yang perlu untuk Anda ketahui. Bagi Anda yang memang berencana mendatangi tempat wisata tersebut, maka perlu mengetahui informasi yang telah diulas di atas. Sehingga dengan begitu Anda akan memperoleh gambaran mengenai Istana Pagaruyung sebelum akhirnya datang berkunjung ke sana.