Istana Bung Hatta – Sejarah, Daya Tarik, Lokasi & Ragam Aktivitas

Istana Bung Hatta – Sejarah, Daya Tarik, Lokasi & Ragam Aktivitas
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bukit Cangang Kayu Ramang, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat.

Bukittinggi, merupakan salah satu kota yang ada di Sumatera Barat. Kota ini dikenal sebagai tempat dinama sang proklamator Indonesia dilahirkan, yaitu Bung Hatta atau wakil presiden pertama di Indonesia. Nama Bung Hatta kerap kali dijadikan sebagai nama suatu tempat atau bangunan, salah satu diantaranya yaitu sebuah bangunan bersejarah yang memiliki nama Istana Bung Hatta.

Istana ini dulunya pernah menjadi tempat tinggal dari wakil presiden Mohammad Hatta, maka tak heran apabila nama dari bangunan ini diambil dari tokoh nasional tersebut. Istana yang juga dikenal dengan nama Gedung Negara Tri Arga ini sekarang memiliki fungsi sebagai tempat penginapan bagi para tamu dan pejabat negara yang sedang berkunjung ke Sumatera Barat.

Bangunan cagar budaya tersebut memiliki gaya arsitektur kolonial, dimana atap bangunannya masih terbuat dari sirap atau kayu. Desain interiornya pun masih sangat sederhana dan jauh dari kesan megah. Istana ini terdiri dari beberapa ruangan, seperti taman, ruang tamu, ruang utama, ruang rapat, dan 12 kamar yang cukup luas.

Sejarah Istana Bung Hatta

Sejarah Istana Bung Hatta
Image Credit: Google Maps Yopi Ismed

Apabila sejak awal Anda mengira bahwa tempat ini merupakan rumah dari Bung Hatta, maka perkiraan tersebut salah. Sebab, sebelum istana ini dijadikan sebagai rumah tinggal oleh Bung Hatta, pada masa kolonial Belanda, bangunan ini terlebih dahulu dijadikan sebagai kantor dari Residen Padangse dan juga Asisten Residen Agam.

Kemudian bangunan ini dialih fungsikan sebagai rumah dari Panglima Pertahanan Jepang bernama Seiko Seikikan Kakka pada masa kedudukan Jepang di Indonesia. Barulah ketika Indonesia sudah merdeka, bangunan ini diambil alih oleh Bung Hatta dan dijadikan sebagai kantor serta tempat tinggalnya selama berada di Bukittinggi pada 1947-1948.

Singkat cerita setelah terjadi pemecahan wilayah Provinsi Sumatera Tengah menjadi 3 bagian pada tahun 1958 dibangunlah sebuah istana yang dulunya sempat digunakan sebagai pusat pemerintahan darurat RI. Disamping itu, bangunan ini juga sering dijadikan sebagai tempat pertemuan bagi orang-orang penting pada masanya.

Dari istana ini juga lah, dia menjalankan kepemimpinannya demi untuk menjaga kesatuan dan keutuhan tanah air yang baru saja lepas dari jajahan bangsa lain. Pada saat ini Istana Bung Hatta memiliki fungsi utama sebagai objek wisata dan juga tempat singgah atau menginap bagi para tamu dan pejabat negara yang sedang berkunjung ke Sumatera Barat.

Daya Tarik Istana Bung Hatta

Daya Tarik Istana Bung Hatta
Image Credit: Google Maps Alfarizi Nukron

1. Desain Interior

Memiliki desain interior yang masih sangat sederhana tak lantas menjadikan Istana Bung Hatta lantas menjadi bangunan yang ketinggalan jaman dan kuno. Justru dengan desainnya yang sederhana ini mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi kawasan wisata istana ini.

Di dalam istana ini terdapat berbagai barang yang nampak seperti barang-barang jaman dahulu. Hal ini membuat Istana atau Gedung Bung Hatta terlihat semakin cantik yang memberikan kesan estetik ketika memasuki setiap ruangnya.

2. Berdekatan dengan Berbagai Objek Wisata

Daya Tarik lain yang dimiliki Istana Bung Hatta adalah dekat dengan banyak objek wisata lain yang ada di Bukittinggi. Hal ini tentu saja akan dapat menarik banyak pengunjung, sebab dapat sekaligus berkunjung ke berbagai objek wisata terdekat lainnya.

Objek wisata yang memiliki jarak dekat dengan Istana atau Gedung istana ini diantaranya Jam Gadang, Lubang Jepang, Taman Monumen Proklamator Bung Hatta, Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan, Rumah Kelahiran Bung Hatta, dan masih banyak lagi objek wisata yang lain.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Menuju Istana Bung Hatta
Image Credit: Google Maps Murfida Yanti

Istana Bung Hatta merupakan bangunan hasil renovasi pada sekitar tahun 1960 yang lokasinya tidak sulit untuk ditemukan, sebab destinasi bersejarah ini terletak di pusat kota Bukittinggi, lebih spesifiknya lagi berada di Taman Jam Gadang. Bagi Anda yang sudah sering berkunjung ke Jam Gadang pastinya bukan suatu hal yang sulit untuk menemukan istana bersejarah ini.

Untuk menuju lokasi wisata ini, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi, kendaraan umum, maupun menyewa kendaraan tertentu. Karena berada di jantung kota, sudah pasti memiliki akses jalan yang tidak sulit untuk dilalui, hal ini tentu saja membuat perjalanan Anda dapat dengan mudah ditempuh menggunakan kendaraan jenis apapun.

Apabila memulai perjalanan dari pusat Kota Bukittinggi Anda bisa mengarahkan kendaraan Anda menuju Jl. By Pass dan belok kanan menuju Jl. Lintas Tengah Sumatera. Setelah itu Anda dapat kembali belok ke kanan arah Jl. Ipuh Mandiangin dan mengikuti jalan hingga sampai di Jl. Ahmad Karim atau Lintas Barat Sumatera. Dari sini, Anda tinggal ke arah barat menuju lokasi istana.

Jika dirasa masih bingung dengan rute di atas, Anda dapat mencari lokasi wisata bersejarah ini di google maps dengan pencarian nama ‘Istana Bung Hatta’.

Untuk dapat memasuki kawasan Istana, Anda tidak akan dikenakan biaya atau tiket apapun atau dengan kata lain gratis. Jadi, Anda tidak perlu pusing memikirkan soal biaya untuk berkunjung ke istana tersebut.

Dengan tanpa membandrol biaya masuk apapun, objek wisata ini menawarkan banyak pengetahuan tentang sejarah. Disarankan berkunjung dengan kelompok atau rombongan, baik teman sekantor atau teman-teman satu sekolah, hal ini dikarenakan Anda dapat saling bertukar wawasan dan diskusi bersama dengan teman-teman rombongan Anda ketika berkunjung ke istana yang satu ini.

Ketika akan berkunjung ke tempat wisata sejarah ini, pastikan Anda tidak datang terlalu pagi atau juga terlalu malam, sebab objek wisata istana ini tidak buka hingga malam. Jadi pastikan pula keberangkatan Anda, agar dapat menikmati dan berkeliling dengan puas.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan Pengunjung

Kegiatan Menarik di Istana Bung Hatta
Image Credit: Google Maps Atho Sofyan Al-Bongasi

1. Berkeliling Istana

Mengelilingi Istana Bung Hatta dapat menjadi hal yang menarik dilakukan ketika berada di kawasan wisata ini. Memiliki desain sederhana namun tetap cantik membuat objek wisata ini dapat dijadikan tempat untuk rehat sejenak dari lelahnya pikiran.

2. Berfoto

Berburu foto merupakan hal yang tidak boleh Anda lewatkan ketika berkunjung ke suatu kawasan wisata. Begitu juga di Istana ini, di sini terdapat berbagai ruang yang dapat dijadikan spot foto estetik ala tempo dulu, hal ini tentu saja dapat menjadi kegiatan menarik yang dapat Anda lakukan.

3. Menelaah Sejarah

Memiliki sejarah yang menarik untuk dicari tahu merupakan kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan di sini. Mulai dari sejarah pada masa kekuasaan Belanda dan Jepang, hingga menjadi tempat tinggal Bung Hatta, hingga akhirnya menjadi objek wisata seperti sekarang ini.

Objek Wisata Terdekat dari Istana Bung Hatta

Objek Wisata Terdekat dari Istana Bung Hatta
Image Credit: Google Maps Yurinal Yasrat

1. Perpustakaan Proklamator Bung Hatta

Berada di Jl. Kesuma Sakti, Perpustakaan Proklamator Bung Hatta memiliki jarak sekitar 2,6 km atau bila menggunakan kendaraan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 8 menit dari kompleks istana. Di perpustakaan ini terdapat begitu banyak koleksi buku, yang jika dihitung secara keseluruhan bisa sampai ribuan, termasuk berbagai buku yang ditulis langsung oleh Bung Hatta semasa masih hidup.

2. Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta

Rumah kayu yang memiliki dua lantai ini merupakan replika yang dibuat semirip mungkin dengan rumah Bung Hatta, yang bangunan aslinya sudah runtuh. Museum ini memiliki jarak yang begitu dekat dengan Istana atau Gedung bersejarah ini, yakni hanya sekitar 1,6 km atau kurang lebih 5 menit perjalanan menggunakan kendaraan. Di sini terdapat berbagai koleksi benda milik sang proklamator.

3. Taman Monumen Peoklamator Bung Hatta

Taman Monumen Proklamator ini memiliki sebuah bukit kecil dengan patung Bung Hatta di bagian puncaknya. Patung berbahan perunggu dengan kacamata dan peci khas Bung Hatta ini nampak berdiri dengan tangan terangkat ke atas dan kepala agak merunduk. Taman ini dapat dijangkau dengan berjalan kaki dari Istana ini sebab hanya berjarak 270 m.

Objek Wisata Terdekat di Istana Bung Hatta
Image Credit: Google Maps Abdul Hafidz

4. Lubang Jepang

Lubang Jepang merupakan salah satu objek wisata di Bukittinggi yang berupa sebuah terowongan. Pada jaman dahulu, terowongan ini adalah sebuah terowongan yang dibangun oleh tentara Jepang pada sekitar tahun 1942 dan digunakan untuk menjadi tempat pertahanan. Lokasi objek wisata ini juga sangatlah dekat dengan Istana atau Gedung Bung Hatta, yakni hanya sekitar 650 meter saja.

5. Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan

Objek wisata ini memiliki nama lain yang cukup terkenal, yakni Kebun Binatang Bukittinggi. Kebun binatang ini merupakan kebun binatang tertua yang ada di Bukittinggi. Kawasan wisata Kebun Binatang Bukittinggi ini memiliki jarak sekitar 1,4 km atau memiliki waktu tempuh sekitar 4 sampai 5 menit dari Istana atau Gedung Bung Hatta.

Nah, itulah beberapa informasi yang berkaitan dengan Istana Bung Hatta yang ada di Bukittinggi. Bagi Anda yang gemar berkunjung ke objek wisata bersejarah, Anda dapat memikirkan untuk berkunjung ke istana ini. Selain dapat liburan dan refreshing, berkunjung ke objek wisata sejarah juga dapat menambah dan memperdalam segala wawasan tentang pengetahuan akan sejarah.