Candi Bara Padang Lawas – Sejarah, Daya Tarik, Tiket & Ragam Aktivitas

Candi Bara Padang Lawas – Sejarah, Daya Tarik, Tiket & Ragam Aktivitas
Harga Tiket: – ; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Bara, Kec. Portibi, Kab. Padang Lawas Utara, Sumatera Utara.

Salah satu aktivitas menarik yang dapat membuat Anda sedikit refreshing otak yaitu dengan berwisata. Tentunya aktivitas sehari-hari akan membuat Anda merasa cukup lelah. Dengan melakukan liburan tentu akan membuat tubuh serta pikiran Anda menjadi segar kembali.

Ada banyak sekali destinasi wisata yang dapat Anda kunjungi di negara Indonesia ini. Salah satu wisata yang cukup populer yaitu wisata candi. Dengan berkunjung ke candi tentu akan membuat Anda mampu melihat peninggalan sejarah. Dengan begitu tentunya Anda tidak akan melupakan sejarah yang pernah ada di negara kita ini.

Salah satu candi yang direkomendasikan untuk Anda kunjungi adalah Candi Bara yang terletak di kabupaten Padang Lawas. Bagi Anda yang penasaran dengan candi tersebut, maka berikut ini akan diulas mengenai apa saja daya tarik yang dimiliki, aktivitas seru yang bisa dilakukan ketika berada di sana, serta hal-hal lain terkait candi itu sendiri.

Sejarah Singkat Candi Bara

Candi ini adalah salah satu candi Hindu yang mana dipakai untuk melakukan pemujaan pada salah satu dewa di agama Hindu, yaitu dewa Siwa. Di dalamnya Anda akan menemukan adanya tempat-tempat persembahan yang mana di sini berupa lapik dengan cerat berbentuk kepala naga.

Bentuk dari candi yang satu ini masih berupa gundukan tanah yang berisi sebuah reruntuhan. Diperkirakan di dalam gundukan tersebut terdapat 2 candi perwara dan juga 1 candi induk. Sedangkan untuk pembuatan candi itu sendiri menggunakan bahan berupa batu bata merah.

Di sekeliling candi ini juga dibatasi oleh sebuah pagar yang mana di salah satu sisi pagar tersebut dijadikan sebagai gerbang untuk para wisatawan dapat masuk. Arah gerbang berada dekat dengan area perkebunan kelapa sawit yang dimiliki oleh para penduduk sekitar.

Area dari Candi Bara bisa dicapai oleh para wisatawan dari arah Gunung Tua, yaitu kurang lebih sejauh 15 km ke kantor kecamatan setempat. Di sekeliling runtuhan terdapat banyak sekali padang rumput. Gundukan tanah yang terdapat di tempat itu kurang lebih memiliki luas lahan mencapai 78 m x 87 m.

Untuk gundukan yang berukuran besar berada tepat di tengah-tengah halaman. Sedangkan untuk gundukan kecil yang berjumlah 2 buah berada di bagian utara. Diduga gundukan tanah yang berada di area timur tersebut dulunya adalah bekas dari pintu masuk kompleks candi.

Di timur serta di bagian barat dari gundukan tanah sebelah utara juga terdapat sisa-sisa tembok yang bersambung dengan runtuhan gapura. Panjang dari gundukan tanah untuk bangunan induk itu sendiri mencapai 12 meter, begitu juga untuk lebarnya kurang lebih selebar 12 meter dan juga memiliki tinggi hingga 4 meter.

Permukaan tanah di gundukan tersebut ditumbuhi oleh rerumputan. Untuk bagian atapnya sendiri memiliki ukuran mencapai 2 m x 2 m. Terdapat pecahan bata yang ditemukan di halaman candi. Untuk ukuran runtuhan lainnya yaitu memiliki panjang hingga 12 meter, tinggi 1 meter serta lebarnya 11 meter.

Daya Tarik yang Dimiliki Candi Bara

1. Bersejarah

Setiap tempat wisata tentunya akan memiliki daya tarik tersendiri, begitu juga dengan candi yang satu ini. Daya tarik yang dimiliki oleh candi tersebut tentunya yaitu berupa peninggalan sejarah dari zaman dahulu kala. Dengan berkunjung ke candi tersebut Anda akan bisa membayangkan bangunan yang dulunya digunakan oleh para nenek moyang untuk melakukan pemujaan pada para dewa.

Bagi para pecinta sejarah, tentu berlibur ke candi merupakan ide yang sangat tepat. Selain Anda nantinya bisa melihat langsung peninggalan, Anda juga dapat mengabadikan momen ketika berada di sana.

2. Bangunan Candi

Daya tarik selanjutnya yaitu bangunan candi itu sendiri. Candi itu sendiri memang bukan candi yang megah seperti halnya candi Borobudur ataupun candi Prambanan. Namun sekalipun begitu Anda akan tetap merasa takjub ketika melihat peninggalan nenek moyang kita tersebut. Tak jarang para sejarawan sengaja datang ke tempat ini untuk melakukan penelitian.

Ada banyak sekali hal yang masih belum diketahui mengenai Candi Bara itu sendiri. Semuanya masih menjadi sebuah misteri. Karena itulah, hal tersebut makin membuat rasa penasaran dari para wisatawan, khususnya disini para sejarawan, sehingga menimbulkan banyak tanda tanya.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket

Candi Bara berada di Desa Bara, Kabupaten Padang Lawas Utara. Seperti yang telah diulas di atas, bahwa percandian yang satu ini memiliki 3 gundukan tanah. Masing-masing gundukan tersebut di dalamnya mengandung sebuah reruntuhan.

Untuk menuju area candi ini Anda harus menempuh perjalanan 15 km dari arah Gunung Tua ke timur. Selanjutnya ketika telah sampai di kantor kecamatan, Anda berbelok ke utara menuju ke desa bara yang memiliki jarak tempuh sejauh 3 km agar bisa sampai ke lokasi.

Disarankan ketika Anda berkunjung ke candi tersebut lebih baik menggunakan kendaraan pribadi. Karena dengan begitu Anda akan lebih leluasa berada di perjalanan dan mencari lokasi dari candi tersebut.

Jika Anda masih bingung mengenai alamat atau lokasi tepatnya candi tersebut, maka Anda bisa menggunakan bantuan Google map. Dengan menggunakan fitur tersebut Anda hanya tinggal mengikuti petunjuk arah yang diberikan. Dengan begitu tentunya akan lebih memudahkan untuk menemukan area dari candi.

Mengenai harga tiket masuk ke Candi Bara hingga saat ini masih belum terdapat informasi si yang detail. Namun mengingat candi tersebut masih belum dikelola dengan maksimal, maka bisa dikira-kira bahwasannya biaya masuk ke tempat wisata yang satu ini cukup terjangkau. Sehingga dengan begitu Anda tidak perlu takut tiket yang harus dibayar terlalu mahal nantinya.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan Pengunjung

1. Foto

Ada banyak sekali ragam aktivitas menarik yang bisa dilakukan ketika berkunjung ke Candi Bara ini. Salah satu aktivitas yang tidak boleh dilewatkan yaitu hunting foto. Tentunya aktivitas liburan tak akan lengkap jika Anda tidak mengabadikan momen saat berada di sana. Terlebih saat berkunjung ke candi yang merupakan peninggalan sejarah masa lalu.

Karena itulah, pastikan Anda telah membawa kamera ketika berada di sini. Berfoto dengan menggunakan background candi tentu merupakan ide yang sangat menarik untuk dilakukan. Upayakan untuk datang ke tempat ini saat menjelang senja.

Karena memang ketika di saat-saat itu, maka pemandangan akan jadi semakin tampak Indah luar biasa. Anda akan bisa mendapatkan foto yang menarik dengan paduan background candi serta langit senja merah.

2. Berburu Souvenir

Aktivitas berikutnya yang juga tidak kalah seru saat berkunjung ke tempat ini yaitu berburu souvenir. Di sekitar candi tentunya ada banyak orang yang berjualan souvenir. Souvenir yang bisa Anda dapatkan seperti contohnya gelang, kalung dan lain sebagainya. Selain souvenir Anda juga dapat membeli oleh-oleh yang bisa Anda berikan ke sahabat ataupun keluarga ketika pulang dari berlibur.

Objek Wisata Terdekat dari Candi Bara

1. Sitopayan

Candi sitopayan itu sendiri adalah bagian dari kawasan percandian Padang lawas. Dimana kawasan percandian itu tersebar mulai dari Kabupaten Padang Lawas hingga Kabupaten Padang Lawas Utara. Candi ini merupakan salah satu candi aliran Buddha. Lokasinya sendiri terdapat di desa sitopayan yang memiliki jarak 3 km.

Candi yang satu ini juga berada dekat dengan Candi Bara. Di lokasi tersebut Anda bisa menemukan empat bagian runtuhan yang menggunakan bahan batu kali dan juga batu bata. Sedangkan untuk induk candi sendiri dikelilingi oleh setidaknya 30 batu bata serta batu kali yang berupa lapik kecil. Saat Anda berkunjung ke candi, maka bisa menyempatkan diri untuk mampir ke candi sitopayan ini.

2. Aloban

Wisata candi berikutnya yang terletak dekat dengan Candi Bara yaitu candi aloban. Candi yang satu ini merupakan candi yang memiliki ukuran paling kecil jika dibandingkan dengan situs-situs yang lainnya di Kabupaten Padang Lawas. Seperti namanya, candi tersebut berada di desa aloban.

Terletak di arah timur laut Gunung Tua atau jika dari kecamatan portibi, maka terletak di arah barat laut. Peninggalan yang bisa ditemukan di tempat tersebut yaitu hanya berupa gundukan tanah. Dan terdapat juga sedikit ornamen berada di area sekitar gundukan tersebut. Gundukan itu sendiri memiliki bentuk persegi panjang yang mana di sini kira-kira berukuran 3 m x 2 m.

3. Candi Pulo

Candi Pulo berada di desa bahal. Anda bisa menemukan banyak ornamen candi di tempat yang satu ini. Bahan dari ornamen itu sendiri dibuat dari batuan sungai dan juga batuan andesit putih. Untuk sisa bangunan yang bisa dilihat dengan lebih jelas lagi yaitu berupa candi hindu beserta candi perwira yang berjumlah 2.

Itulah tadi ulasan lengkap mengenai daya tarik, aktivitas menarik, alamat serta rute dan hal-hal lain yang terkait Candi Bara. Bagi Anda yang sudah bosan berwisata ke pantai ataupun tempat-tempat lainnya, maka bisa untuk datang ke candi ini. Selain mengunjungi candi tersebut, Anda juga bisa mengunjungi candi-candi lain yang berada dekat dengan lokasi Candi Bara.