Benteng Toboali – Sejarah, Daya Tarik, Lokasi & Ragam Aktivitas

Benteng Toboali – Sejarah, Daya Tarik, Lokasi & Ragam Aktivitas
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tj. Ketapang, Kec. Toboali, Kab. Bangka Selatan, Kepulauan Bangka Belitung.

Benteng Toboali merupakan sebuah bangunan pertahanan yang digunakan untuk melindungi pertambangan timah pada masa penjajahan Bangsa Belanda di Indonesia di tahun 1825 dari serangan laut musuh. Benteng ini juga sempat dikuasai Bangsa Jepang setelah berhasil mengambil alih Indonesia dari Bangsa Belanda.

Benteng yang terletak di Provinsi Bangka Belitung ini dibuat di atas sebuah bukit, yang menjadikan pemandangan dari lokasi sekitar benteng begitu indah untuk disaksikan. Kini benteng ini sudah mengalami banyak sekali perubahan karena tidak diurus. Mulai dari tumbuhnya pohon-pohon yang menyebabkan tembok benteng menjadi terlilit akar pohon hingga robohnya beberapa bagian benteng.

Namun, dibalik semua itu sebuah benteng ini masih memikat beberapa wisatawan untuk berkunjung. Hal ini karena benteng ini menyimpan perjalanan sejarah yang luar biasa hingga pemandangan alam sekitar yang tidak kalah indah dengan beberapa wisata alam lainnya. Berikut adalah beberapa penjelasan mengenai Benteng Toboali yang berlokasi di Provinsi Bangka Belitung ini.

Sejarah Benteng Toboali

Sejarah Benteng Toboali
Image Credit: Google Maps Stefanus Dedy

Menurut catatan sejarah Benteng Toboali dibangun pada tahun 1825 oleh Kolonial Belanda yang saat itu menjajah Bangsa Indonesia. Tujuan pembangunan benteng ini adalah untuk menjaga produksi timah dari serangan musuh terlebih dari sektor laut. Oleh sebab itu lokasi benteng yang berada di atas perbukitan akan sangat cocok karena bisa melihat semua akses menuju tempat produksi timah.

Namun, setelah Jepang berhasil mengambil alih Indonesia dari Belanda pada tahun 1942 setahun setelahnya yaitu tahun 1943 benteng dan pabrik timah itupun akhirnya dikuasai oleh Jepang. Selanjutnya pada tahun 1945 saat terjadinya pemboman Kota Nagasaki dan Kota Hiroshima di Jepang membuat pemerintah Jepang menarik semua tentaranya kembali ke negara asal mereka.

Tujuan dari penarikan pasukan Jepang adalah untuk membantu memperbaiki kerusakan yang diakibatkan oleh bom atom yang diluncurkan oleh Amerika Serikat dan sekaligus memperkuat pertahanan Jepang jika terjadi serangan lanjutan. Dampak dari penarikan pasukan ini membuat Negara Indonesia bebas dari penjajahan dan kemudian melakukan Proklamasi Kemerdekaan.

Setelah Proklamasi Kemerdekaan benteng ini sempat digunakan sebagai markas Kepolisian Distrik Toboali yang kemudian pada tahun 1980 an berganti nama menjadi Kepolisian Sektor Toboali. Setelah beberapa tahun menggunakan benteng tersebut akhirnya Kepolisian Sektor ini berpindah lokasi ke sebuah gedung baru yang berjarak 50 meter dari lokasi benteng.

Bangunan benteng yang sudah ditinggalkan oleh Kepolisian Sektor Toboali akhirnya mulai tidak diurus dan menjadi menyatu dengan alam. Menurut para arsitektur benteng ini memiliki 3 bagian. Bagian yang pertama adalah bagian kanan ruangan yang sudah tidak bisa diprediksikan lagi karena sudah hancur dan terdapat pohon yang sudah menjalar di dindingnya.

Sedangkan bagian kedua adalah bagian kiri yang memiliki beberapa ruangan. Terakhir adalah bagian tengah yang memiliki sebuah lorong dan juga terdapat kursi dan meja yang dibuat menggunakan batu. Dipercaya pada bagian tengah benteng bersejarah ini digunakan untuk ruang makan atau tempat berkumpulnya para prajurit.

Daya Tarik Benteng Toboali

Daya Tarik Benteng Toboali
Image Credit: Google Maps Tjan Sanak Huma

Benteng yang memiliki ukuran 54 x 32 meter ini masih memiliki beberapa daya tarik meski sudah ditinggalkan sejak lama. Berikut adalah beberapa daya tarik dari Benteng Toboali yang membuatnya tetap didatangi beberapa wisatawan tiap harinya.

1. Bangunan Benteng

Kondisi bangunan benteng memang sudah tidak bisa dilihat secara utuh lagi, namun justru hal itulah yang membuat benteng ini menjadi tempat yang cukup indah untuk dinikmati. Sedikit penjelasan mengenai kondisi bangunan dimana ketebalan dari dinding benteng diperkirakan sekitar 90 sampai 120 cm dengan ketinggian hingga 3 meter.

Tidak semua dinding memiliki ukuran tinggi yang sama, dimana pada beberapa sisi memiliki ketinggian yang cukup rendah. Diperkirakan pada bagian-bagian tersebut digunakan untuk menaruh meriam atau senjata jarak jauh untuk membidik musuh.

Selanjutnya ada beberapa ruangan di dalam benteng. Dimulai dari ruangan inspektur benteng yang berukuran 15 x 7 meter, gudang dengan ukuran 32 x 8 meter yang dibagi menjadi 2 bagian, barak prajurit dengan ukuran 8 x 12 meter, ruangan senjata dengan ukuran 5 x 4 meter, ruangan kantor dengan ukuran 17 x 4 meter, dan beberapa ruangan lain yang belum teridentifikasi karena kerusakan.

2. Alam Sekitar

Salah satu daya tarik dari Benteng Toboali adalah alam sekitar yang sangat teduh dan sejuk karena terdapat banyak pohon yang tumbuh. Alam ini sangat cocok untuk anda yang merasa pusing akan hirup pikuknya dunia perkotaan dan sedang mencari tempat yang nyaman untuk bersantai.

3. Pemandangan dari Atas Bukit

Karena lokasi benteng yang berada di atas bukit dengan ketinggian 18 meter dari permukaan laut membuat pemandangan dari lokasi benteng akan sangat memukau. Bahkan anda juga bisa menyaksikan terbenamnya matahari dari lokasi ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Menuju Benteng Toboli
Image Credit: Google Maps Dedi Wang

Untuk lokasi dari Benteng Toboali sendiri berada di Provinsi Bangka Belitung, Toboali, Kabupaten Bangka Selatan. Untuk rutenya sendiri anda bisa mengambil patokan dari Kantor Camat Toboali di Jl. Jendral Sudirman menuju Pelabuhan Toboali. Setelah sampai di Simpang Lima belok kiri ke Jl. Merdeka dan ikuti jalan tersebut sampai menemukan tujuan anda di sebelah kanan jalan.

Untuk rute dari Kantor Camat menuju lokasi benteng bersejarah ini hanya memerlukan waktu 8 menit menggunakan kendaraan bermotor dengan jarak 4,4 kilometer. Sebagai tambahan benteng ini buka setiap hari dan 24 jam, jadi bebas untuk dikunjungi jam berapapun.

Untuk harga tiket masuk ke lokasi benteng adalah gratis jadi anda tidak perlu mengkhawatirkan masalah tiket masuk. Namun anda perlu mengunci kendaraan anda dengan sangat aman agar mencegah terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan Pengunjung

Kegiatan Menarik Benteng Toboli
Image Credit: Google Maps Sus Surya

Setelah membahas mengenai sejarah, daya tarik, lokasi, rute, dan harga tiket masuk maka kurang lengkap rasanya jika tidak membahas tentang beberapa kegiatan menarik yang bisa dilakukan di Benteng Toboali. Berikut adalah beberapa kegiatan menarik yang bisa anda lakukan di benteng peninggalan Bangsa Belanda ini.

1. Menikmati Alam

Kegiatan yang paling pertama dan menjadi alasan kebanyakan wisatawan datang ke tempat ini adalah untuk menikmati alamnya yang tenang dan sejuk. Lokasi benteng yang dikelilingi pepohonan hijau membuat banyak orang datang kesini untuk bersantai sambil menikmati segarnya udara yang tidak mengalami polusi udara.

Anda bisa berbaring di halaman benteng sambil melihat ke arah rimbunnya pohon di atas anda. Ada beberapa kawanan burung yang hinggap di dahan-dahan pohon dan kemudian bersiul sehingga anda bisa lebih merasa rileks.

2. Melihat Indahnya Pemandangan Laut Dari Ketinggian

Tujuan benteng yang memang dibuat agar bisa mengatasi serangan dari laut jelas mengharuskan benteng ini bisa melihat keadaan sekitarnya terutama laut itu sendiri. Namun, setelah masa-masa itu berakhir pemandangan laut dari lokasi benteng kini beralih fungsi menjadi sebuah tempat wisata yang sangat cocok untuk menyaksikan keindahan laut.

3. Menikmati Sunset

Sunset lagi-lagi menjadi sebuah momen indah yang wajib disaksikan ketika sedang berlibur. Momen matahari terbenam ini juga bisa anda saksikan dari sekitaran benteng yang sempat menjadi markas Kepolisian Sektor Toboali tersebut.

KegiatanMenarik di Benteng Toboli
Image Credit: Instagram Lpotrait

4. Berfoto

Tidak lengkap rasanya jika berlibur tanpa melakukan kegiatan yang satu ini. Alam yang hijau, kondisi bangunan benteng, dan pemandangan laut yang indah dirasa sudah cukup menjadi alasan untuk para wisatawan yang datang melakukan kegiatan berfoto baik sendiri maupun bersama orang terdekat.

5. Belajar atau Meneliti

Kegiatan menarik terakhir yang bisa dilakukan di lokasi candi ini adalah belajar atau melakukan penelitian. Biasanya wisatawan yang melakukan kegiatan ini memang datang untuk mendapatkan beberapa bukti untuk memperkuat gagasan atau ide mereka. Selain itu bisa saja wisatawan yang datang dengan tujuan untuk belajar atau meneliti sedang mengerjakan tugas sekolah atau kuliah.

Objek Wisata Terdekat dari Benteng Toboali

Objek Wisata Terdekat dari Benteng Toboali
Image Credit: Instagram Arianda Febrian

Setelah membahas mengenai beberapa hal seputar Benteng Toboali, selanjutnya mari kita bahas mengenai beberapa objek wisata terdekat dari benteng tersebut. Bagi anda yang sudah puas menikmati keindahan benteng yang dibangun oleh Belanda ini, maka berikut adalah beberapa objek wisata sekitar benteng yang bisa anda kunjungi.

1. Pantai Batu Perahu

Objek wisata terdekat yang pertama adalah Pantai Batu Perahu yang dinamai karena pada pantai ini terdapat sebuah batu besar dengan ukuran 7 x 4 meter dan memiliki bentuk seperti perahu. Tempat ini merupakan sebuah spot populer saat menyaksikan terbenamnya matahari.

2. Pasar Malam Bukit

Objek wisata berikutnya adalah sebuah tempat wisata malam yang bernama Pasar Malam Bukit. Ditempat ini anda akan menyaksikan banyak lampu-lampu hias yang indah dan beberapa tempat jualan makanan.

3. Pantai Nek Aji

Objek wisata terdekat berikutnya adalah sebuah pantai bernama Nek Aji yang menjadi tempat rekreasi keluarga di Toboali. Terdapat beberapa event yang diseleng karang di pantai yang satu ini.

Itulah beberapa penjelasan mengenai Benteng Toboali dan beberapa objek wisata sekitarnya. Bagi anda yang hendak berlibur ke lokasi benteng ini mohon untuk memperhatikan kebersihan agar benteng tidak mengalami pencemaran atau kerusakan tambahan.