Benteng Indra Patra – Sejarah, Daya Tarik, Lokasi & Ragam Aktivitas

Benteng Indra Patra – Sejarah, Daya Tarik, Lokasi & Ragam Aktivitas
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Krueng Raya, Baet, Kec. Baitussalam, Kab. Aceh Besar, Aceh.

Aceh merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang menawarkan beragam destinasi wisata. Salah satunya Benteng Indra Patra yang dikenal memiliki banyak sejarah. Pariwisata ini juga bisa dibilang saksi bisu perjuangan Sultan kerajaan saat melawan Belanda dan Portugis. Pada zaman dahulu fungsinya digunakan untuk pusat pertahanan kerajaan saat Aceh diserang oleh penjajah.

Pada awal pembangunannya masih memiliki fasilitas yang masih minim. Lalu ditambah dengan budaya Hindu yang masuk, terlihat dari bangunan stupa yang ada di atas sumur. Luasnya diperkirakan 1400 meter dengan 2 benteng utama di dalamnya. Selain itu juga terdapat bangunan lain di sekitarnya yang bisa dikatakan sebagai tempat peletakan meriam pada zaman kerajaan.

Di dalam bagian benteng utama terdapat bangunan berbentuk kubah, disitulah letak sumur tua peninggalan Hindu. Sementara itu di benteng lainnya ada bunker yang berupa undukan batu sebagai tempat penyimpanan senjata. Traveller bisa pula melihat 11 lubang kecil yang dahulu berfungsi sebagai lubang pengintai. Maka dari itu saat kesini jangan lupa untuk mempelajari sejarahnya.

Sejarah Benteng Indra Patra

Sejarah Benteng Indra Patra
Image Credit: Google Maps Yuri Akhsani

Benteng Indra Patra merupakan situs bersejarah di Aceh yang didirikan sekitar 604 masehi oleh putra Raja Harsya. Bangunan ini peninggalan Hindu yaitu pada masa kerajaan Lamuri. Hal ini terlihat dari adanya 2 sumur yang berbentuk stupa. Dahulu air sumur tersebut digunakan masyarakat Hindu untuk mensucikan diri ketika akan melakukan ibadah.

Desain arsitekturnya masih berbentuk kuno dan ada beberapa bangunan baru setelah direnovasi. Dahulu fungsi benteng digunakan sebagai tempat ibadah masyarakat setempat. Setelah itu pada masa sultan Iskandar Muda fungsinya dialihkan sebagai pusat pertahanan melawan Portugis. Terdapat parit sebagai penghambat gerakan musuh dan tapal kuda untuk menyimpan meriam.

Hal lain yang menambah keunikannya yaitu susunan konstruksinya yang terlihat kokoh. Konon katanya benteng tersebut terbentuk dari bongkahan batu gunung yang saling merekat kuat. Selain itu, Indra Patra memiliki ketinggian sekitar 5 meter dengan ketebalan dinding 2 meter. Sampai saat inipun bangunan tersebut masih dilestarikan dengan baik.

Daya Tarik Benteng Indra Patra

Daya Tarik Benteng Indra Patra
Image Credit: Google Maps Mohammad Anshar Anashri

1. Dikelilingi Tanaman Hijau

Benteng bersejarah Indra Patra memiliki lahan yang lumayan luas. Sejauh mata memandang tampak rumput dan pohon hijau yang mengelilingi bangunannya. Semua tanaman tersebut menambah kecantikan tempat ini. Kebersihannya pun selalu diperhatikan oleh petugas setempat, hal ini bisa dilihat dari tidak adanya sampah yang tercecer.

Saat Anda menapakan kaki disini akan merasakan udara yang sejuk. Tidak heran jika benteng tersebut banyak dijadikan tempat rekreasi keluarga. Pengelola menyarankan agar pengunjung yang datang tidak mengotori areanya.

2. Bangunan Benteng yang Unik

Benteng Indra Patra memang dikenal sebagai benteng peninggalan kerajaan Hindu. Hal inilah yang membuat bangunan-bangunan di dalamnya terlihat kuno dan unik. Beberapa bangunannya ada yang sudah mengalami renovasi karena kerusakan, namun ada pula yang masih asli. Warnanya putih dengan corak hitam semakin menambah keestetikan benteng.

Lubang sumur yang ada di sekitarnya juga menggambarkan adat Hindu. Semua bangunannya terawat dengan baik agar dapat dinikmati pengunjung dari masa ke masa. Pada area sekitar ada tulisan sejarah benteng yang dapat Anda baca. Namun, ingat jangan sampai merusak bangunan di dalamnya meskipun pengunjung boleh menyentuhnya.

3. Pemandangan Alam yang Indah

Lokasi Benteng Indra Parta yang menghadap langsung ke arah pantai menambah kecantikan tempat ini. Traveller bisa memanjakan mata dengan melihat air lautnya yang berwarna biru muda. Selain itu beberapa pohon kelapa juga menjadi pemandangan yang indah.

Pemandangan tersebut membuat areanya terlihat asri. Saat siang pun tidak akan terasa panas terik karena Anda dapat berteduh diantara pohon-pohon yang ada. Pengunjung yang berlibur dijamin tidak akan merasa bosan saat berada berlama-lama disini. Disarankan pula untuk berkunjung mulai pagi hingga sore hari.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Benteng Indra Patra
Image Credit: Google Maps Wea Sunjaya

Letak Benteng Indra Patra berada di kawasan Jalan Krueng Raya, Baitussalam, Kabupaten Aceh Besar, Aceh. Dari arah pusat kota membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk menuju wisata ini. Letaknya sangat strategis dekat dengan bandara internasional Iskandar Muda. Pengunjung bisa membawa kendaraan pribadi maupun menyewa travel yang akan mengantarkan Anda ke tujuan.

Wisatawan yang ingin berlibur kesini bisa melewati Jalan Blang Bintang Lama. Kemudian lurus sampai ke daerah Jalan Laksamana Malahayati. Dari sini letak benteng sudah tidak jauh lagi, Anda dapat mengikuti arah jalan sampai menemukan gapura. Akses jalannya mudah dilewati karena aspalnya sudah mulus dan terlihat banyak kendaraan umum yang melintasinya.

Bagi para pelancong yang pertama kali datang kesini tidak perlu takut tersasar karena terdapat papan petunjuk jalan. Selain itu juga bisa diakses melalui google maps di smartphone. Sepanjang perjalanan akan tampak beberapa tempat sejarah yang akan dilalui seperti benteng inong balee, makam kuno kerajaan Lamuri, dan lainnya. Hal ini akan membuat perjalanan terasa menyenangkan.

Harga Tiket Masuk Benteng

Harga Tiket Masuk Benteng Indra Patra
Image Credit: Google Maps Afriandi Prasetya

Sebelum masuk ke wisata Benteng Indra Patra akan ada tarif tiket yang dijual oleh petugas. Harganya sangat murah hanya Rp 5.000 untuk orang dewasa dan anak-anak. Tarif tersebut berlaku saat hari biasa dan hari libur, namun sebelum berlibur lebih baik Anda konfirmasi terlebih dahulu. Biasanya bagi wisatawan mancanegara yang datang akan dikenai tarif tersendiri.

Khusus bagi traveller yang membawa kendaraan pribadi juga ada tiket parkirnya. Mulai dari Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk roda empat. Lahan parkirnya luas sehingga dapat menampung lebih dari 30 kendaraan. Anda yang datang dengan rombongan bis tidak perlu khawatir karena tersedia pula tempat parkir bis yang dijaga ketat oleh petugas setempat.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan Pengunjung

Kegiatan Menarik Benteng Indra Patra
Image Credit: Google Maps Ima Amallia

1. Bersantai di Benteng

Selain mempunyai lahan yang luas, Benteng Indra Patra juga memiliki suasana yang menenangkan. Hal ini bisa dilihat dari beragam pemandangan alam yang tersedia. Maka dari itu destinasi ini sangat cocok digunakan untuk melepas penat di sela-sela padatnya aktivitas. Para pelancong yang berlibur pun dapat duduk santai dan berkeliling area dengan bercengkrama bersama keluarga.

2. Hunting Foto

Bangunan benteng yang klasik membuatnya banyak dijadikan spot foto menarik. Apalagi saat cuaca sedang cerah akan membuat foto Anda semakin bagus. Jika pengunjung berfoto di bagian atas tangganya, nampak pemandangan pantai yang cantik. Maka dari itu sebelum berkunjung disarankan untuk membawa kamera atau ponsel untuk mengabadikan momen selama berlibur.

Kegiatan Menarik di Benteng Indra Patra
Image Credit: Google Maps  Dewi Fortuna

3. Mempelajari Sejarah

Seperti diketahui bahwa Indra Parta menyimpan banyak sekali sejarah unik di dalamnya. Mulai dari sejarah kerajaan Hindu, akulturasi budaya yang masuk ke Aceh, hingga awal mula didirikannya. Anda dapat menanyakan hal tersebut kepada petugas atau dengan membaca tulisan yang tersedia. Setelah itu mencatatnya pada buku untuk menambah wawasan pengetahuan.

4. Melihat Keunikan Bangunan Benteng

Selain melihat bangunan utama, Anda juga bisa melihat beberapa bangunan lain yang bergaya Hindu. Semuanya tidak diberi pagar pembatas sehingga Anda dapat menyentuhnya secara langsung. Saat hari minggu tampak banyak wisatawan yang datang untuk melihat bangunan unik ini.

Objek Wisata Terdekat dari Benteng Indra Patra

Objek Wisata Terdekat dari Benteng Indra Patra
Image Credit: Google Maps Khairul Hamdi

1. Pantai Lhoknga

Letak pantai lhoknga bisa dibilang lumayan dekat dengan Benteng Indra Parta. Disana menyuguhkan beragam pemandangan alam mulai dari air lautnya yang jernih hingga hamparan pasir putihnya. Ada juga beberapa pohon kelapa yang sengaja ditanam di pesisir untuk mencegah abrasi. Pada hari libur nampak pengunjung dari berbagai daerah yang berbondong-bondong memadati wisata.

2. Buntul Rintis

Objek wisata ini berupa wahana permainan yang dikelilingi bukit hijau. Tempatnya sangat cocok digunakan hunting karena terdapat beberapa spot menarik yang akan mempercantik foto Anda. Terdapat replika kincir angin, replika kupu-kupu, dan sepeda gantung. Hal unik lainnya di buntul rintis traveller dapat melihat keindahan Aceh dari ketinggian 1730 mdpl.

3. Air Terjun Tansaran Bidin

Jika wisatawan ingin berkunjung ke air terjun ini bisa mendatangi kawasan Desa Tansaran Bidin. Dari gapura pintu masuk, Anda harus berjalan kaki sejauh 300 meter untuk sampai ke wisata. Disana akan tampak pemandangan air yang mengalir dari atas menuju kolam penampungan di bawahnya. Maka dari itu jangan lupa mampir kesini jika sudah usai mengunjungi Benteng Indra Parta.

4. Tugu Kilometer Nol

Tugu kilometer nol menjadi salah satu bangunan ikonik yang dilindungi oleh pemerintah setempat. Bangunannya menjulang ke atas dengan ketinggian sekitar 22 meter. Bentuknya menyerupai replika senjata tradisional rencong yang diyakini memiliki sejarah tersendiri. Para pelancong yang berlibur kesini dapat melihat pemandangan laut dan disarankan datang mulai siang hari.

Demikian penjelasan mengenai Benteng Indra Patra yang dapat digunakan untuk tempat berlibur. Saat datang ke tempat ini disarankan membawa makanan dan peralatan sendiri dari rumah karena letaknya jauh dari pusat perbelanjaan. Jangan lupa ajak keluarga agar liburan Anda terasa menyenangkan. Hal lain yang perlu diperhatikan yaitu jangan sampai merusak bangunan yang ada.